Home CAKRAWALA Sel Tahanan Setya Novanto Mewah, PKS Ancam Menkunham Mundur

Sel Tahanan Setya Novanto Mewah, PKS Ancam Menkunham Mundur

Komentar Dinonaktifkan pada Sel Tahanan Setya Novanto Mewah, PKS Ancam Menkunham Mundur
0
155

JAKARTA, Dinilai Menkumham tidak bisa memperbaiki sistem Lapas, dengan melihat kondisi sel tahanan narapidana KTP elektronik tidak sewajarnya dengan narapidana lainnya, Ketua DPP PKS bidang Politik Pipin Sopian meminta agar Menkumham mundur Yassona Laoly mundur. Sementara itu Anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu menuduh Dirjen Pas Kemenkum HAM Sri Puguh Utami sebagai pembohong.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Terkait hasil Inspeksi mendadak (sidak) lembaga ombudsman ditemukan sel tahanan narapidana korupsi KTP elektronik Setya Novanto tidak sewajarnya, dan dibilang terlalu mewah. Melihat hasil temuan itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meminta Menkum HAM Yassona Laoly mundur jika tidak bisa menyelesaikan masalah sel mewah.

Ketua DPP PKS bidang Politik Pipin Sopian meminta agar Menkunham mundur jika tidak bisa memperbaiki Lapas.

“Saya kira baiknya Pak Yasonna mundur kalau memang tak bisa perbaiki lapas atau nanti nunggu insyaallah di era Prabowo-Sandi saja,” kata Pipin di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9/2018).

Ia mengatakan hukum harus ditegakkan di semua kalangan. Karena itu, setiap terpidana tidak boleh dibeda-bedakan. Meski begitu, Pipin mendukung upaya Kemenkum HAM melakukan bersih-bersih di lapas.

“Saya kira hukum itu harus ditegakkan ke semua pihak, termasuk di sel. Apa sih sebetulnya inti dari lapas itu. Intinya adalah setiap terpidana harus mendapatkan hukuman setimpal dan kalau misalnya tidak ada keadilan yang akan terjadi adalah chaos. Terpenting kita adil, penting Kemenkum HAM tertibkan itu semua, kami dukung,” tuturnya.

Dalam sidak, Ombudsman mendapati sel Novanto berukuran lebih besar dari kamar narapidana lainnya. Di dalam kamar itu juga ada mantan Bendahara Partai Demokrat M Nazaruddin. Dari foto yang beredar, Novanto dan Nazaruddin tampak sedang berbincang.

Kamar Novanto tampak luas. Ada meja dan rak buku di kamar tersebut. Selain itu, ada exhaust fan dan kloset duduk di kamar mandinya. Terdapat ranjang kasur besar, lengkap dengan selimut.

Terkait temuan lembaga Ombudsman,  Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu menuduh Dirjen Pas Kemenkum HAM Sri Puguh Utami sebagai pembohong. Hal itu sebagai reaksi atas adanya temuan sidak kamar sel napi korupsi Novanto yang lebih besar dibanding sel napi lainnya.

“Dirjen Pemasyarakatan pembohong. Dia itu berkali-kali ngomong akan pembenahan di berbagai lapas, baik yang berkaitan dengan napi yang kejahatan korupsi, narkoba, maupun teroris. Berkaitan dengan Lapas Sukamiskin, dia menyampaikan akan melakukan perbaikan segala macam. Ketika kami, Komisi III DPR, mendatangi Lapas Sukamiskin, beliau juga menyampaikan hal yang sama. Tapi kan ini hal yang sama terulang. Nggak ada pembenahan,” ujar Masinton kepada wartawan, Sabtu (15/9/2018).

Masinton menyebut belum ada pembenahan yang dilakukan, khususnya sel di lapas khusus bagi para napi korupsi. Melihat kondisi itu, kata Masinton, anggaran untuk Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM juga perlu dipertimbangkan lagi. Apalagi salah satu anggaran pengadaan fasilitas mencapai Rp 1 triliun.

“Kalau Dirjen Pas-nya begini perlu dipertimbangkan anggaran untuk direktorat pengadaan fasilitas segala macam itu hampir Rp 1 triliun di luar bahan makanan. Menurut saya, layak di-pending. Ini kan belum pengesahan anggaran, khusus untuk Dirjen Pas lebih layak di-pending. Itu anggaran di luar bahan makanan pengadaannya hampir Rp 1 Triliun, Rp 700 miliar lebih, tapi cara kerja begini kan nggak layak dikasih fasilitas anggaran di luar kebutuhan pokok narapidana,” kata Masinton.

Masinton menduga adanya pembiaran yang dilakukan oleh Dirjen Pas terhadap hal-hal yang melanggar aturan di dalam lapas. Hal itulah yang menjadikan adanya praktik-praktik transaksional di lapas.

“Itu kan harusnya dari berkali-kali keganjilan-keganjilan di dalam Lapas Sukamiskin tugas Dirjen Pas melakukan supervisi khusus ke situ. Dia nggak boleh di belakang meja menerima laporan. Dia tahu dan membiarkan. Ada pembiaran. Bohong kalau dia nggak tahu,” ujarnya. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Nama Alan Christian Singkali Menguat Jadi Ketum GMKI

BOGOR, Delapan nama kandidat yang tampil sebagai calon Ketum GMKI. Nama Alan Christian Sin…