Home CAKRAWALA Penerapan Sistem e-Tilang Kikis Budaya Pungli di Polri

Penerapan Sistem e-Tilang Kikis Budaya Pungli di Polri

Komentar Dinonaktifkan pada Penerapan Sistem e-Tilang Kikis Budaya Pungli di Polri
0
36

JAKARTA – Budaya pungutan liar yang selama ini menggerogoti citra Polri, dinilai bisa dikikis dengan diterapkannya teknologi informasi di berbagai dinamika Polri. Salah satunya dalam sistem e-Tilang atau bukti pelanggaran elektronik. Demikian dikatakan Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Sebab, urusan tilang akan tidak lagi bersentuhan dengan manusia melainkan lewat IT. Selain itu, pembayaran dendanya bisa lewat ATM,” kata Neta S Pane, dalam pernyataan persnya yang diterima Minggu (16/9/2018) sore.

Hanya saja menurut dia, membangun budaya IT di Polri – terutama untuk menerapkan e-Tilang – akan menghadapi banyak kendala. Yang pertama adalah mentalitas aparatur kepolisian dalam merawat infrastuktur e-Tilang yang patut dipertanyakan.

“Karena selama ini yang namanya perawatan biasanya tidak konsisten. Kedua adalah pengawasan terhadap pengemudi yang terkena e-Tilang,” ujar dia.

Hal itu mengingat masih banyaknya pemilik kendaraan tangan  kedua yang enggan melakukan balik nama.
Padahal, agar e-Tilang berjalan efektif maka balik nama dalam jual beli kendaraan menjadi sebuah keharusan. Menurut Neta e-Tilang tetap harus bisa segera direalisasikan dengan berbagai konsekuensinya, karena di banyak negara, kepolisiannya sudah mengandalkan IT dalam mengantisipasi maupun menjaga keamanan masyarakat. Dan teknologi adalah solusi dalam menutupi rasio polisi dengan masyarakat, yang selama ini kekurangan SDM selalu dijadikan alasan tidak dapat melayani masyarakat secara optimal.

“Di era modern ini, kekurangan SDM dalam sistem rasio Polri sudah saatnya ditutupi dengan teknologi. Sehingga, e-Tilang menjadi bagian dari perkembangan sistem IT yang harus dimanfaatkan untuk menumbuhkembangkan budaya IT di Polri,” kata Neta. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Nama Alan Christian Singkali Menguat Jadi Ketum GMKI

BOGOR, Delapan nama kandidat yang tampil sebagai calon Ketum GMKI. Nama Alan Christian Sin…