Home CAKRAWALA KPK Harus Berani Respons Tantangan SBY

KPK Harus Berani Respons Tantangan SBY

Komentar Dinonaktifkan pada KPK Harus Berani Respons Tantangan SBY
0
56

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus menempatkan informasi dalam pemberitan media asing asal Hongkong “Asian Sentinel” yang memuat dugaan tindak pidana pencucian uang oleh Presiden RI ke 6 SBY,  terkait dengan bailout Bank Century, sebagai sebuah Laporan Informasi.

Yang mana laporan tersebut bersifat pemberitahuan yang disampaikan oleh seseorang karena hak dan kewajiban berdasarkan UU kepada pejabat yang berwenang tentang telah atau sedang terjadi peristiwa pidana. Sehingga perlu dilakukan sebuah penyelidikan menurut KUHAP. Demikian pendapat anggota DPD RI asal Dapil Sulut Benny Rhamdani melalui pesan singkatnya yang diterima Wartawan Parlemen, Minggu  (16/9/2018) sore.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Ini perlu dilakukan sebuah penyelidikan menurut KUHAP. Terlebih lagi, saat menanggapi pemberitaan Asian Sentinel itu, SBY telah meminta agar dirinya ditangkap dan ditahan. Tangkap & Penjarakan Saya, Kalau Fitnah Itu Benar”. Artinya SBY telah menantang KPK, Jaksa Agung dan Kapolri untuk membuktikan apakah isi berita itu sebagai sebuah fitnah atas dirinya,” kata Benny.

Maka KPK harus berani merespons apa yang dikatakan SBY, dengan segera panggil SBY, dan pihak lainnya seperti Setya Novanto dan Boediono, untuk diperiksa terlebih dahulu kebenaran tuduhan pencucian uang dalam kasus bailout Bank Century yang terjadi 10 tahun yang lalu itu. Jika hasil penyidikan dugaan pencucian uang tidak terbukti menurut putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, barulah SBY diberi kesempatan menggunakan hak pribadinya untuk menuntut pencemaran nama baik dan rehabilitasi melalui Kepolisian hingga Pengadilan.

“Selain itu KPK tidak boleh terjebak dengan manuver SBY yang meminta proses hukum terlebih dahulu persoalan fitnahnya, karena itu pembuktian secara materiil tentang pencucian uang harus didahulukan, barulah fitnah yang dialami SBY diproses hukum kemudian. Bagi KPK sebenarnya tidak sulit karena hanya tinggal kembangkan dan rangkaikan hasil penyidikan terhadap sejumlah tersangka/terpidana, saksi dalam kasus Bank Century (Budi Mulya) yang sudah lebih dahulu diproses dan divonis beberapa tahun yang lalu,” jelas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Nama Alan Christian Singkali Menguat Jadi Ketum GMKI

BOGOR, Delapan nama kandidat yang tampil sebagai calon Ketum GMKI. Nama Alan Christian Sin…