Home CAKRAWALA Fahri Minta KPU Revisi Peraturan Soal Larangan Eks Koruptor Nyaleg

Fahri Minta KPU Revisi Peraturan Soal Larangan Eks Koruptor Nyaleg

Komentar Dinonaktifkan pada Fahri Minta KPU Revisi Peraturan Soal Larangan Eks Koruptor Nyaleg
0
39

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera merevisi Peraturan KPU (PKPU) terkait larangan eks koruptor untuk maju sebagai Caleg pada Pemilu 2019 mendatang.

Terlebih lagi Mahkamah Agung (MA) telah mengembalikan pengertian dan kesadaran tentang sesuatu yang benar bahwa KPU tidak boleh membuat norma yang bertentangan dengan UU.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Itu bukan tugas KPU. Pembuatan norma, hanya dilakukan DPR bersama Presiden dalam pembuatan UU. KPU sebagai pelaksana teknis UU, hanya membuat aturan yang sesuai dengan UU, tidak boleh membuat aturan tambahan yang membuat norma dan lainnya,” kata Fahri, dalam pernyataan persnya, yang diterima wartawan, Minggu sore.

Dia menyatakan demikian terkait putusan MA yang menyatakan bahwa larangan mantan narapidana kasus korupsi menjadi Caleg bertentangan dengan UU Pemilu No 7 Tahun 2017.
Kata Fahri, putusan MA tersebut sudah sesui dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di tanah air. Untuk itu, KPU harus segera merevisi PKPU tersebut.

“Saya mengapresiasi keputusan MA. Ini melegakan kita yang ingin peraturan perundangan ditaati. Dan kepada KPU untuk segera merevisi PKPU yang sesuai dengan UU, keputusan MA, serta MK sebelumnya,” tegas pria asal NTB tersebut.

Sebagaimana diberitakan, MA telah resmi membatalkan Pasal 4 ayat (3), Pasal 7 huruf g PKPU Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten Kota.
Dengan putusan tersebut, maka mantan narapidana kasus korupsi diperbolehkan untuk mendaftarkan diri sebagai caleg pada Pemilu 2019.
Juru bicara MA, Suhadi mengatakan pertimbangan putusan tersebut karena Pasal 4 ayat (3), Pasal 7 huruf g PKPU Nomor 20 tahun 2018 bertentangan dengan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.
“Itu bertentangan dengan UU Pemilu. UU Pemilu kan membolehkan dengan persyaratan tertentu tapi kalau PKPU kan menutup sama sekali,” kata Suhadi. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Nama Alan Christian Singkali Menguat Jadi Ketum GMKI

BOGOR, Delapan nama kandidat yang tampil sebagai calon Ketum GMKI. Nama Alan Christian Sin…