Home CAKRAWALA Polri Dalami Keterlibatan Warga Polandia Suplai Alat Senjata Api ke KKB

Polri Dalami Keterlibatan Warga Polandia Suplai Alat Senjata Api ke KKB

Komentar Dinonaktifkan pada Polri Dalami Keterlibatan Warga Polandia Suplai Alat Senjata Api ke KKB
0
44

JAKARTA, JFS ditangkap polisi karena menyuplai mesiu untuk KKB.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, polisi masih melakukan pendalaman terkait sejauh mana keterlibatan Jakup Fabian Skrzypski (JFS), Warga Negara Polandia, dalam pergerakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

JFS ditangkap polisi karena menyuplai mesiu untuk KKB.

“Polisi masih melakukan pendalaman terus keterlibatan yang bersangkutan (JFS) menyuplai mesiu ke KKB di Papua,” kata  Setyo kepada wartawan, Jumat (14/9/2018).

Lanjut jendral polisi bintang dua itu mengatakan, masih melakukan penyelidikan keterkaitan JFS dengan seorang pelajar yang membawa 153 peluru aktif dan uang ratusan juta.

Setyo mengatakan, masih mendalami dengan meminta keterangan saksi dan mengumpulkan sejumlah buktik yang disita polisi.

Meski demikian, Setyo menyayangkan tindakan KKB yang melibatkan anak di bawah umur dalam pergerakannya.

“Ini juga belum tahu ada kaitan dengan anak-anak bawa peluru dan duit Rp 100 juta atau tidak. Ini KKB sudah menggunakan anak di bawah umur,”tutur Setyo.

Soal makin diperketatnya pengawasan orang asing di Papua, Setyo menuturkan sebenarnya sudah ada aturan untuk melapor ke polisi. Dia mengungkapkan kedatangan orang asing memang dikhawatirkan bertujuan turut campur dalam masalah Papua.

“Kita sudah aturannya orang asing ke Papua harus melapor. Ini kita khawatirkan terjadi, ada orang asing mendukung dan ikut campur dengan KKB,” kata Setyo.

Lanjutnya, Pemerintah Polandia telah meminta Pemerintah Indonesia melindungi JFS. Namun Setyo menegaskan JFS tak dapat diekstradisi ke negara asalnya karena harus menjalani proses hukum atasn perbuatannya.

“Sudah ada komunikasi dengan Polandia. Mereka  minta untuk dilindungi. Nggak bisa ekstradisi, orang Indonesia kalau salah di luar tetap dilindungi negara tapi kasusnya tetap diproses,” ujarnya. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Nama Alan Christian Singkali Menguat Jadi Ketum GMKI

BOGOR, Delapan nama kandidat yang tampil sebagai calon Ketum GMKI. Nama Alan Christian Sin…