Home CAKRAWALA Mahasiswa KAMMI dan BEM SI Unjuk Rasa Tuntut Presiden Jokowi Mundur

Mahasiswa KAMMI dan BEM SI Unjuk Rasa Tuntut Presiden Jokowi Mundur

Komentar Dinonaktifkan pada Mahasiswa KAMMI dan BEM SI Unjuk Rasa Tuntut Presiden Jokowi Mundur
0
99

JAKARTA, Para Mahasiswa yang tergabung KAMMI dan BEM SI mendesak Presiden Jokowi mundur, alasannya rupiah merosot terhadap dolar AS. Serta menyindir Presiden dengan aksi Stunman adalah pencitraan.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Ratusan demonstran dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) se-Jabodetabek menggelar aksi, Jumat (14/9/2018).

Aksi KAMMI menyampaikan aspirasi di depan kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, di Jalan Medan Merdeka Barat.

Dari pantauan, para mahasiswa ini menyuarakan kritikan kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Salah satu yang disuarakan adalah Dolar AS menguat membuat Rupiah melemah. Hal itu terlihat dari spanduk yang dibawa para demonstran.

“Pemerintah ini tidak bisa menyelesaikan hal-hal kecil. BBM naik, tarif dasar listrik naik, rupiah melemah” ucap salah seorang orator, Adi.

Selain itu, demonstran juga menyindir aksi Jokowi memakai motor gede saat pembukaan Asian Games 2018. Kala itu Jokowi memakai jasa stuntman.

Kali ini aksi stuntman itu juga diperagakan mahasiswa di lokasi demo. Mereka menilai hal itu hanya sekadar pencitraan agar dikenal oleh negara lain.

“Lihatlah aksi presiden yang tampil memukau. Semua demi dinilai perfect oleh negara lain. Turunkan Jokowi,” ucap Adi sambil bernyanyi.

Di tempat berbeda, Massa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) wilayah Jabodetabek dan Banten yang menggelar aksi Bela Rupiah di depan kompleks Kemenkeu akhirnya membubarkan diri. Massa sebelumnya bertahan dan meminta menyampaikan orasi di dalam lingkungan kompleks Kemenkeu, tapi tidak diizinkan polisi.

Tampak, di depan kantor Kemenkeu, Jalan Dr Wahidin, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018) sekitar pukul 17.52 WIB, massa mahasiswa mulai membubarkan diri. Sebelum bubar, massa menggelar doa bersama.

Massa membubarkan diri dengan tertib. Sementara itu, lalu lintas di depan Kantor Kemenkeu masih terpantau padat pasca-aksi mahasiswa. Polisi tampak melakukan penjagaan dan mengatur arus lalu lintas.

Dalam aksi demo bertajuk Aksi Bela Rupiah ini, massa memprotes melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Massa juga meminta Kemenkeu menandatangani kontrak politik yang isinya:

1. Stabilkan dan jaga harga bahan pokok di tengah melemahnya nilai tukar rupiah tanpa harus mengintimidasi produk-produk lokal untuk bersaing dalam pasar nasional.

2. Jaga suku bunga kredit rendah.

3. Stop impor bahan pokok penunjang produksi secara berlebihan yang tidak meningkatkan produktivitas pendapatan negara.

4. Imbau masyarakat mencintai dan membeli produk-produk Indonesia.

5. Bina masyarakat untuk meningkatkan kualitas produk-produk Indonesia.

6. Pada poin 4 dan 5, pemerintah harus mengambil langkah konkret dalam menjamin ketersediaan wadah promosi bagi produk-produk lokal.

Sementara itu, Kasubag Hubungan Kelembagaan Masyarakat dalam Biro Komunikasi Kemenkeu Hadi Siswanto dan perwakilan dari Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Purwito sebelumnya datang menemui massa.

Mereka dalam kesempatan itu menolak menandatangani kontrak politik yang disodorkan karena merasa itu bukan kewenangan mereka. Perwakilan dari Kemenkeu ini juga sempat memberi penjelasan. Selain itu, mereka menegaskan aspirasi massa akan disampaikan kepada pimpinan.

Di sisi lain, saat demo mahasiswa di Kemenkeu ini berlangsung, sempat tersebar isu di medsos bahwa ada demo mahasiswa di gedung Mahkamah Konstitusi yang berakhir ricuh. Namun kabar ini hoax alias bohong belaka.

Pantauan di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, pagi tadi hanya ada simulasi pengamanan sidang sengketa pemilu oleh Polri. Setelah itu, suasana di gedung MK sejak siang hingga malam pukul 18.53 WIB ini terpantau kondusif.

“Itu simulasi tadi pagi, Pak Wakapolri juga ada di sini. Hoax itu kalau ada rusuh,” ujar salah seorang satpam di MK, Eep. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Jokowi-Ma’ruf Amin Sambangi Relawan dan Partai Koalisi Tanpa Pidato

JAKARTA, Setelah menyambangi relawan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Partai Koalisi. Tanpa Pi…