Home CAKRAWALA MA Kabulkan Gugatan Terhadap PKPU Mantan Napi Kasus Korupsi Bisa Nyaleg

MA Kabulkan Gugatan Terhadap PKPU Mantan Napi Kasus Korupsi Bisa Nyaleg

Komentar Dinonaktifkan pada MA Kabulkan Gugatan Terhadap PKPU Mantan Napi Kasus Korupsi Bisa Nyaleg
0
99

JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) akhirnya membatalkan Pasal 4 ayat (3), Pasal 7 huruf g Peraturan KPU No. 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten/kota dan Pasal 60 huruf j Peraturan KPU No. 26 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPD terkait larangan mantan narapidana kasus korupsi, bandar narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, menjadi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dalam Pemilu 2019.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Peraturan KPU tentang larangan mantan narapidana (korupsi) menjadi caleg telah diputus MA pada kamis, 13/9 kemarin. Permohonan para permohon dikabulkan dan Peraturan KPU tersebut telah dibatalkan MA,” kata Juru Bicara MA Suhadi saat dikonfirmasi, Jum’at (14/9/2018) malam.

Adapun gugatan terhadap PKPU tersebut dimohonkan Wa Ode Nurhayati mantan napi kasus korupsi dan 12 orang yang senasib. Suhadi menjelaskan PKPU tersebut dinilai bertentangan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, serta  bertentangan dengan Putusan MK No. 71/PUU-XIV/2016.

Yang mana putusan MK telah memperbolehkan mantan narapidana menjadi calon anggota legislatif, sepanjang yang bersangkutan mengumumkan kepada publik bahwa dirinya merupakan mantan terpidana.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmad Bagja menyambut baik dan menghormati putusan MA ini. Menurut dia putusan tersebut telah mencegah kesimpangsiuran hukum, karena tidak ada lagi peraturan yang bertentangan dengan UU. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Jokowi-Ma’ruf Amin Sambangi Relawan dan Partai Koalisi Tanpa Pidato

JAKARTA, Setelah menyambangi relawan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Partai Koalisi. Tanpa Pi…