Home CAKRAWALA Oknum Sembarangan Buang KTP Rusak, Hebohkan Suasana

Oknum Sembarangan Buang KTP Rusak, Hebohkan Suasana

Komentar Dinonaktifkan pada Oknum Sembarangan Buang KTP Rusak, Hebohkan Suasana
0
80

JAKARTA – Ribuan lembar e-KTP dan 9 Kartu Keluarga (KK) ditemukan di tempat pembuangan sampah dan semak belukar oleh warga Cikande, Serang, Provinsi Banten.  Penemuan tersebut membuat heboh publik di tahun politik ini.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Ternyata ribuan e-KTP dan KK tersebut sudah dinyatakan rusak. Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang Asep Saepudin Mustafa dalam pernyataan persnya yang diterima Selasa sore.

“Sebanyak 2.910 keping tersebut adalah KTP rusak. Tidak berlaku lagi. Dan sekarang semuanya sudah diamankan di Koramil Cikande,” kata Asep.

Menurut dia, Disdukcapil Serang langsung melakukan pengujian data e-KTP dan KK tersebut. Dan semuanya dinyatakan rusak. Asep menduga barang-barang itu ada di tempat pembuangan sampah dan semak-semak karena ketidakpahaman oknum staf Kecamatan.

“Akibat ketidakpahaman, kemudian dokumen kependudukan tersebut dibuang oleh oknum staf kecamatan ke tempat pembuangan sampah secara sembarangan,” kata Asep.

Menurut Asep, sejak 2017 ribuan e-KTP rusak memang tidak lagi dikirim ke gudang milik Kemendagri. Sebabnya, gudang itu dikabarkan sudah penuh sehingga tak lagi mampu menampung e-KTP rusak dari daerah.

“Fisik KTP-el atau KK yang sudah tidak terpakai kemudian disimpan di gudang Disdukcapil dan kantor kecamatan. Agar kejadian ini tidak terulang, kami akan melakukan rapat bersama pemerintah kecamatan, Rabu (12/9/2018). Kami akan tarik semua fisik KTP-el dan KK yang sudah tidak berfungsi ke kantor Disdukcapil Serang,” kata Asep.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku kecewa atas kejadian tersebut, karena telah menginstruksikan agar Disdukcapil memotong e-KTP yang rusak. Sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dari publik.

“Instruksi pemotongan e-KTP rusak sudah dikeluarkan agar tak ada lagi kejadian tercecernya kartu kependudukan dan meminimalisasi kecurigaan atas keberadaan kartu yang rusak. Padahal instruksinya sudah kita berikan, dan jelas instruksinya. Dipotong. Saya berharap semua jajaran Dukcapil segera laksanakan pemotongan e-KTP rusak,” kata Tjahjo. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

DPD AJO Indonesia Kepri Turun Kejalan Galang Donasi Untuk Palu-Sigi-Donggala

BATAM Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Provinsi Kepu…