Home CAKRAWALA Ketua MPR Ajak Pemuda Konghucu Jadi Pemilih yang Bertanggungjawab

Ketua MPR Ajak Pemuda Konghucu Jadi Pemilih yang Bertanggungjawab

Komentar Dinonaktifkan pada Ketua MPR Ajak Pemuda Konghucu Jadi Pemilih yang Bertanggungjawab
0
53

JAKARTA – Dalam sistem demokrasi kita warganegara yang sudah memenuhi syarat mempunyai hak untuk dipilih dan memilih. Hak untuk dipilih lebih banyak syarat yang harus dipenuhi dibandingkan hak memilih. Tapi menggunakan hak pilih pun bisa menimbulkan kemudharatan bila dilakukan semaunya saja.

Berkaitan dengan hal tersebut Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta Pemuda Agama Konghucu Indonesia (PAKIN) untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggungjawab, demi terwujudnya pemimpin yang bertanggungjawab.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Jadi hak pilihnya harus digunakan dengan bertanggungjawab. Jangan seenaknya digunakan. Ikut-ikutan apa kata orang, masa bodoh, nggak mau mikir, yang penting nyoblos aja. Yang penting milih yang kasih uang. Jangan seperti itu. Kalau nanti yang terpilih bandar judi, bandar kayu ilegal kan berbahaya. Maka jadilah pemilih yang bertanggungjawab,” kata Zulkifli saat memberikan sosialisasi 4 Pilar (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI) pada Konggres Nasional I PAKIN di Hotel Balairung, Jalan Matraman Jakarta Timur, Selasa (11/9/2018) siang.

Menurut Zulkifli, bila rakyat pemilik hak pilih, asal-asalan atau tidak bertanggungjawab menggunakan hak pilihnya, maka akan melahirkan pemimpin yang juga asal-asalan, dan tidak bertanggungjawab. Inilah pentingnya Zulkifli untuk menegaskan penggunaan hak pilih yang bertanggungjawab.

Disisi lain pria asal Lampung tersebut juga mengingatkan bahwa partisipasi sebagai pemilih yang aktif tersebut jangan sampai menimbulkan sikap yang merusak suasana yang demokratis ini. Yaitu dengan adanya sikap yang menghina, mencacimaki, bahkan
sampai memfitnah perorangan atau kelompok yang berbeda pilihan politiknya.

“Karena begitu bersemangatnya, maka menjadi tim pemenangan Capres tertentu. Itu boleh saja. Tapi janganlah menghina, mencacimaki, apalagi memfitnah perorangan atau kelompok yang berbeda pilihannya. Jangan rusak demokrasi dengan hal-hal yang seperti itu. Juga masak pesta demokrasi setiap 5 tahun sekali, diwarnai fitnah dan saling serang, saling hina di media sosial ?,” kata Ketua Umum DPP PAN tersebut.

Zulkifli juga mengajak PAKIN yang mempunyai kepengurusan di banyak daerah, bekerjasama membantu MPR RI, untuk melaksanakan sosialisasi 4 Pilar di berbagai daerah. Menurut dia, tidak mungkin MPR bekerja sendiri dalam sosialisasi tersebut. Dan melibatkan ormas Pemuda, adalah suatu yang strategis. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Presiden Ingatkan Agar Rivalitas Tak Bersifat Destruktif

JAKARTA, Saat memberikan orasi ilmiah dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Kristen Indon…