Home CAKRAWALA Masalah DPT Diduga Karena KPU Tak Optimal Gunakan DP4

Masalah DPT Diduga Karena KPU Tak Optimal Gunakan DP4

Komentar Dinonaktifkan pada Masalah DPT Diduga Karena KPU Tak Optimal Gunakan DP4
0
79

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menduga timbulnya masalah data ganda Daftar Pemilih tetap (DPT), karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak sungguh-sungguh memanfaatkan data Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang dikeluarkan pihaknya.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Padahal, tugas utama kami dalam penyusunan daftar pemilih adalah menyediakan DP4 dan membantu KPU memutakhirkan data. Mungkin karena KPU tidak optimal menggunakan DP4 dari Kemendagri, ya akhirnya timbul masalah” kata Tjahjo lewat pesan singkatnya, Senin (10/4/2018) pagi.

Tjahjo menuturkan merujuk pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pemilihan Bupati Sampang 2018, dalam amar putusan, MK menyatakan telah terjadi pemungutan suara dengan daftar pemilih tetap (DPT) yang tidak valid. MK memerintahkan KPU Kabupaten Sampang untuk melakukan pemungutan suara ulang berdasarkan DPT yang diperbaiki.

“MK berpendapat KPU harus benar-benar mengacu data penduduk dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemdagri dan untuk menyusun DPT harus menggunaksn DP4 dari Kemendagri jelas dia.

Masih dalam upaya untuk menyiapkan data mutakhir, Tjahjo juga meminta masyarakat yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP segera melaksanakannya. Caranya bisa dengan datang langsung ke dinas Dukcapil, kantor Kecamatan, atau meminta pihaknya menjemput bola.

“Kita harus menuju era kependudukan yang akurat, by name by addres dan tidak ada data ganda lagi. Maka kami imbau masyarakat yang belum merekamkan datanya, segera merekamkan,” pungkas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Golkar: Dibutuhkan Rakyat Pemimpin yang Merakyat, Bukan Sosok ‘The Winter Soldier’

JAKARTA, “Cari ilustrasi yang pas dong. Jangan ikut-ikutan. Apalagi kalau dicocok-co…