Home CAKRAWALA PLBN Infrastruktur Penting  untuk NKRI

PLBN Infrastruktur Penting  untuk NKRI

Komentar Dinonaktifkan pada PLBN Infrastruktur Penting  untuk NKRI
0
64

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan infrastruktur yang penting. Penting dalam arti bukan hanya dalam bidang politik dan kedaulatan tetapi juga sebagai embrio perekonomian lokal.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Pembangunan PLBN (Pos Lintas Batas Negara) tidak hanya sebagai gerbang masuk, namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan,” kata Basuki di Kemen PUPR Minggu (9/8/2018) sore.

Maka pihaknya akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan di Pulau Kalimantan, Papua, dan Nusa Tenggara Timur. Pembangunan tersebut juga untuk membuka daerah terisolasi dan pemerataan hasil-hasil pembangunan sebagai wujud Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dalam kerangka negara kesatuan.

Menurut dia, di Pulau Kalimantan, pembangunan jalan paralel perbatasan ditargetkan tersambung pada akhir 2019. Selain itu akan dibangun tiga pos lintas batas negara (PLBN) yakni PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar), PLBN Sei Pancang dan PLBN Long Midang atau Kraya di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Balikpapan Ditjen Bina Marga Refly Ruddy Tangkere menyampaikan jalan paralel perbatasan di Kalimantan sepanjang 1.920 km. Jalan yang berada di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sepanjang 824 km dan Kalimantan Timur (Kaltim) sepanjang 244 km.

Menurut dia, ditargetkan jalan tersebut bisa tersambung dan fungsional pada akhir 2019 dengan kondisi sebagian beraspal, sebagian perkerasan agregat, dan perkerasan tanah. Dan salah satu ruas jalan paralel perbatasan Kaltim yang saat ini tengah dikerjakan adalah ruas Batas Kalbar-Tiong Ohang sepanjang 15 Km. Pada ruas ini dilakukan pembukaan badan jalan yang dibantu oleh Zeni TNI AD. Saat ini kondisinya sudah tembus seluruhnya dengan kondisi masih berupa jalan tanah. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Presiden Ingatkan Agar Rivalitas Tak Bersifat Destruktif

JAKARTA, Saat memberikan orasi ilmiah dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Kristen Indon…