Home CAKRAWALA Sikon Berbeda dengan 1998, Masyarakat Jangan Panik

Sikon Berbeda dengan 1998, Masyarakat Jangan Panik

Komentar Dinonaktifkan pada Sikon Berbeda dengan 1998, Masyarakat Jangan Panik
0
79

JAKARTA – Nilai tukar Rupiah yang melemah terhadap Dolar AS pada akhir-akhir ini, jangan sampai disikapi masyarakat dengan panik. Menurut Deputi III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Presiden, Denni Puspa Purbasari, yang harus dipahami adalah, kondisi pada 2018 ini berbeda dengan kondisi 1998.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Di sini yang penting saya sampaikan masyarakat jangan panik, karena situasi kondisi 2018 berbeda dengan 1998.  Jangan panik, bekerja seperti biasa saja. Kalau tidak panik maka menerima penjelasan dari pemerintah bisa enak,” kata Denni dalam diskusi bertajuk bertajuk ‘Jurus Jitu Jagain Rupiah’ di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2018)

Menurut dia, pelemahan Rupiah pada 2018 ini, kondisinya lebih banyak dipengaruhi faktor eksternal yaitu kebijakan pemerintah AS. Salah satunya saat pemerintah AS menaikkan suku bunga, maka dana-dana berbentuk Dolar balik kesana. Dan pemerintah sudah berupaya bertindak sangat hati-hati menangani persoalan pelemahan Rupiah. Yaitu dengan telah berupaya bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) untuk menangani masalah pelemahan Rupiah tersebut.

“Jadi jangan panik pemerintah bersama dengan BI itu bekerja sama dengan sangat erat memonitor pergerakan Rupiah terhadap Dolar. Apa yang terjadi ini, tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di global dan mengatisipasinya. Dan kita punya pengalaman menghadapi berbagai kondisi,” kata Denni.

Yang terpenting menurut Deni, jangan ada pihak-pihak yang menggunakan pelemahan Rupiah terhadap Dolar ini, untuk digiring dalam kontestasi politik.

“Jangan gunakan isu ini untuk kontestasi politik. Nanti bisa menggangu rumah kita Indonesia. Berikan kepercayaan kepada pemerintah. Pemerintah telah menyiapkan dosisi yang tepat untuk mengatasi hal ini,” kata dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Prabowo Siap Jemput Habib  Rizieq dari Arab Saudi

JAKARTA, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan wacana penjemputan Habib Ri…