Home CAKRAWALA Pelemahan Rupiah Dipolitisasi, Sulitkan Siapapun Presidennya

Pelemahan Rupiah Dipolitisasi, Sulitkan Siapapun Presidennya

Komentar Dinonaktifkan pada Pelemahan Rupiah Dipolitisasi, Sulitkan Siapapun Presidennya
0
78

JAKARTA – Ekonom INDEF Bhima Yudhistira mengingatkan agar pelemahan Rupiah jangan dibawa-bawa ke politik, atau dipolitisasi. Hal ini karena akan membuat situasi dan kondisi makin sulit.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Kalau langsung dibawa ke politik, dipolitisasi, digoreng, jadi makin sulit kita. Investor tidak akan kesini, bahkan akan bawa uangnya keluar Indonesia. Pelaku usaha dan masyarakat panik. Itu semua justru akan makin melemahkan kita,” kata Bhima dalam diskusi bertajuk bertajuk ‘Jurus Jitu Jagain Rupiah’ di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2018)

Menurut dia, kondisi ini sebenarnya masalah fundamental saja dan struktur yang belum selesai. Maka, kalau terus mengibarkan bara api, dan kondisi makin buruk, maka siapapun Presidennya mengalami hal buruk.

“Misalkan, jika oposisi menang di 2019, apa ya enak bila berkuasa dengan kurs Rupiah terhadap Dolar AS mencapai  Rp 15.000. Pasti tidak akan menghendaki hal seperti itu,” kata Bhima.

Dia juga meminta agar pemerintah tak melulu menyampaikan soal ekonomi. Tapi, lebih baik diserahkan ke seseorang yang lebih mumpuni. Termasuk soal rupiah, agar bank sentral saja yang berbicara.

“Jadi yang tidak mengerti, jangan banyak bicara, baik oposisi dan pemerintah. Itu yang akan mempengaruhi sentimen dan memperburuk kondisi yang ada. Lebih baik serahkan kepada BI yang berkompeten,” kata Bhima. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Gereja Disegel di Jambi, GMKI Desak Mendagri dan Kapolri Bertanggungjawab

JAKARTA, GMKI mendesak Kementerian Dalam Negeri jangan membiarkan Peraturan Daerah atau pu…