Home CAKRAWALA Impor BBM Ikut Perparah Kondisi Ekonomi Indonesia

Impor BBM Ikut Perparah Kondisi Ekonomi Indonesia

Komentar Dinonaktifkan pada Impor BBM Ikut Perparah Kondisi Ekonomi Indonesia
0
69

JAKARTA – Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS, terjadi karena banyak faktor. Menurut anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar M Misbakhun, salah satu faktor yang ikut melemahkan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar adalah impor kita yang jauh lebih besar daripada ekspor kita.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Harus kita akui bahwa impor kita sangat tinggi, dan ekspor kita rendah. Berbeda dengan negara tetangga kita, Malaysia, Thailand. Salah satu impor yang membebani kita adalah impor BBM. Dan kecenderungannya volume impor BBM kita semakin meningkat disaat pengguna kendaraan bermotor makin meningkat dan disisi lain, produksi BBM dalam negeri makin sulit mencukupi kebutuhan yang semakin meningkat tersebut,” kata Misbakhun dalam diskusi di Pressroom Komplek Parlemen Senayan, Kamis (6/9/2018) siang.

Selain BBM, impor bahan pangan seperti gandum, kedelai dan sesekali beras juga masih tinggi. Untuk industri logam dasar dan kimia dasar pun masih rendah. Sehingga kita masih perlu impor untuk bahan baku industri.

“Dengan masih tingginya impor, maka kebutuhan Dolar kita tinggi. Maka kita harus dukung penuh program pemerintah terkait B20. Dengan B20 ini maka kita akan fokus kepada biofuel, biodiesel, dan langkah ini akan mengurangi ketergantungan kita pada impor BB asal fosil,” kata Misbakhun.

Menurut dia impor BBM dalam jumlah tinggi begitu menguras devisa. Sedangkan program B20 bisa memberdayakan petani Kelapa Sawit. Dia berharap Indonesia bisa mengikuti kesuksesan Brazil yang telah berhasil dalam program 80 persen kandungan BBMnya adalah Biofuel.

“Brazil berhasil melepaskan ketergantungannya pada impor BBM. Walaupun pengguna kendaraan bermotor disana makin banyak, tapi BBM disana 80 persen kandungannya adalah biofuell yaitu etanol. Mereka berhasil mengkonversi ribuan hektar hutan Amazone untuk diubah menjadi lahan tebu produktif, untuk bahan etanol,” kata Misbakhun. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Presiden Ingatkan Agar Rivalitas Tak Bersifat Destruktif

JAKARTA, Saat memberikan orasi ilmiah dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Kristen Indon…