Home CAKRAWALA Koperasi dan UKM, Solusi Jangka Panjang Antisipasi Pelemahan Rupiah

Koperasi dan UKM, Solusi Jangka Panjang Antisipasi Pelemahan Rupiah

Komentar Dinonaktifkan pada Koperasi dan UKM, Solusi Jangka Panjang Antisipasi Pelemahan Rupiah
0
86

JAKARTA – Koperasi dan UKM dinilai harus dilibatkan dalam upaya membangun sektor riil yang tangguh sebagai solusi jangka panjang terhadap melemahnya nilai tukar rupiah.

Dalam arti pelemahan rupiah dalam jangka panjang harus diselesaikan pada upaya membangun sektor riil yang tangguh yang melibatkan banyak koperasi dan UKM di negeri ini. Demikian dikatakan Ketua Umum Asosiasi Manajer Koperasi Indonesia (AMKI) Sularto.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Jika pembangunan koperasi dan UKM berjalan benar, koperasi dan UKM yang berbasis sektor riil akan hidup dan fundamental ekonomi akan kuat.

Sehingga bisa kuat menghadapi nilai tukar Rupiah yang makin melemah terhadap Dolar. Saat ini nyaris tidak ada koperasi yang mampu bergerak di sektor riil apalagi menyumbang ekspor. Seperti yang kita ketahui bersama ekspor Indonesia saat ini paling banyak didominasi oleh ekspor bahan mentah,” kata Sularto dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu ( 5/9/2018) sore.

Pihaknya menilai ada yang keliru dalam penanganan nilai tukar rupiah yang sudah terjadi sangat lama pada beberapa rezim pemerintahan termasuk pada kabinet Jokowi saat ini. Kondisi ini terjadi karena kebijakan yang kurang tepat sehingga timbul “double deficit”, “trade deficit” dan “financial deficit”.

Defisit neraca berjalan mencapai 8 miliar dolar AS sampai Juli 2018 dan utang telah mencapai 34 persen dari PDB. “Saat ini pelemahan rupiah hanya didekati dari sisi moneter,” kata dia.

Menurut dia, Pemerintah seharusnya giat membangun koperasi lebih kuat dalam tata perekonomian saat ini.
Jika melihat data anggota koperasi Indonesia Desember 2017, jumlah koperasi aktif di Indonesia ada sebanyak 153.171 unit dengan jumlah anggota 26.535.640 orang.

“Maka dengan membangun koperasi yang kuat berarti telah meningkatkan kapasitas ekonomi yang kuat bagi paling tidak 26,5 juta penduduk negeri ini,” pungkas dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Gereja Disegel di Jambi, GMKI Desak Mendagri dan Kapolri Bertanggungjawab

JAKARTA, GMKI mendesak Kementerian Dalam Negeri jangan membiarkan Peraturan Daerah atau pu…