Home CAKRAWALA Dituduh Belum Kembalikan 3226 Aset Kemenpora, Roy Suryo: Saya Difitnah

Dituduh Belum Kembalikan 3226 Aset Kemenpora, Roy Suryo: Saya Difitnah

Komentar Dinonaktifkan pada Dituduh Belum Kembalikan 3226 Aset Kemenpora, Roy Suryo: Saya Difitnah
0
348

JAKARTA, “Saya duga dengan keras bahwa ini adalah fitnah untuk menjatuhkan martabat dan nama baik saya di tahun politik,” ungkap mantan Menpora, yang juga Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Mantan Menteri Pemuda Olahraga Roy Suryo mengatakan telah difitnah atas belum pengembalian barang-barang Kemenpora sebanyak 3226 aset.

“Maaf setelah lama bersikap Sabar dan Mengalah terhadap kabar aset BMN (Barang Milik Negara, -red) Kemenpora sebanyak 3.226 unit yang disebut-sebutkan ‘masih saya bawa (?)’, padahal ini tidak benar sama sekali,” kata Roy melalui pesan singkat kepada sejumlah wartawan, Rabu (5/9/2018).

Dia menanyakan, surat tersebut sebenarnya tertanggal 1 Mei 2018 dan bersifat rahasia. Namun entah mengapa menjadi viral saat ini.

“Saya duga dengan keras bahwa ini adalah fitnah untuk menjatuhkan martabat dan nama baik saya di tahun politik,” ungkap Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini.

Selanjutnya, Roy meminta kuasa hukumnya menjelaskan soal perkara tersebut. Dia tak menyebutkan langkah apa yang akan diambilnya.

Roy menjabat sebagai Menpora sejak tahun 2013 menggantikan Andi Mallarangeng, yang terjerat kasus korupsi.

Roy diganti Imam Nahrawi, selanjutnya Kemenpora mulai menagih aset sejak akhir 2014 dan hingga kini terhitung sudah tiga kali melayangkan surat kepada Roy. Beberapa barang sudah dikembalikan dan pada 2016 Roy menyebut permasalahan ini sudah beres.

Sementara, Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto membenarkan masih ada aset yang belum dikembalikan Roy.

“Sudah ada yang dikembalikan tahun 2016 sebanyak (senilai) Rp 500 juta, sekarang barangnya ada di gudang kami. Tapi sisanya belum, makanya masih muncul di temuan BPK,” kata Gatot S Dewa Broto saat dihubungi, Selasa (4/9/2018).

Roy Suryo, ternyata belum mengembalikan sejumlah barang milik negara (BMN) yang merupakan aset Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Hal tersebut terungkap dalam surat dengan kop Kemenpora yang ditujukan kepada Roy Suryo tertanggal 3 Mei 2018. Dalam surat itu, Kemenpora meminta Roy mengembalikan 3.226 unit barang milik negara.

Surat itu beredar di media sosial dan ramai menjadi perbincangan. Berikut kutipan isi surat tersebut: “…kami sampaikan pemberitahuan kepada Bapak (Roy Suryo) bahwa Tim Badan Pemeriksa Keuangan yang melakukan pemeriksaan di Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam tiga bulan terakhir ini ternyata masih memunculkan adanya BMN milik Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dianggap masih belum dikembalikan sebanyak 3.226 unit.

“…mohon kiranya Bapak bersedia mengembalikan Barang Milik Negara yang saat ini masih tercatat sebagai Barang Milik Negara Kementerian Pemuda dan Olahraga agar kami dapat melaksanakan inventarisasi sehingga akuntabilitas pengelolaan Barang Milik Negara di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga dapat dipertanggungjawabkan sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“Surat Kemenpora yang ditujukan kepada Roy Suryo beredar di media sosial. Kemenpora menagih Roy mengembalikan 3.226 barang milik negara.

(Twitter) Permintaan pengembalian BMN ke Roy Suryo itu didasarkan atas Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah dan Surat Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 1711/MENPORA/INS/VI/2016 tanggal 17 Juni 2016 tentang Pengembalian Barang Milik Negara Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto yang dikonfirmasi wartawan pada Selasa (4/9/2018) sore, membenarkan adanya surat tersebut.

“Surat itu betul adanya,” ujar Gatot. Meski demikian, Gatot merasa heran mengapa surat tersebut baru ramai diperbincangkan di media sosial saat ini. Padahal, ia mengirimkan surat tersebut pada Mei lalu.

Hingga saat ini, Gatot mengaku, belum ada satu pun barang yang dikembalikan oleh Roy Suryo. Sebagai tindak lanjut, pihaknya pun akan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan BPK terkait hal itu. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Prabowo Siap Jemput Habib  Rizieq dari Arab Saudi

JAKARTA, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan wacana penjemputan Habib Ri…