Home CAKRAWALA Stabilikan Harga Beras Medium, Perum Bulog Luncurkan KPSH

Stabilikan Harga Beras Medium, Perum Bulog Luncurkan KPSH

Komentar Dinonaktifkan pada Stabilikan Harga Beras Medium, Perum Bulog Luncurkan KPSH
0
81

JAKARTA – Perum Bulog kembali melaksanakan penugasan pemerintah, dengan meluncurkan “Kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) Beras Medium Tahun 2018″ di Gudang Bulog Divre DKI Jakarta Banten Kelapa Gading, Selasa (4/9/2018).

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Menurut Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Bulog Divisi Regional yang ada di Indonesia tersebut, untuk menjaga ketahanan pangan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan nasional dengan tetap memperhatikan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan khususnya beras,” ungkap pria yang akrab disapa Buwas itu, dalam konferensi pers pada peluncuran kegiatan KPSH tersebut.

Menurut Budi, untuk stabilisasi harga beras premium, pihaknya melakukan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP), dengan menggelontorkan 10-15 ribu ton beras medium per harinya dengan harga gudang Rp 8.100 per kilogram. Hal tersebut diberlakukan untuk wilayah 1 meliputi Jawa, Lampung, Sumsel, Bali, NTB, dan Sulawesi).

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, Perum Bulog kemarin, melakukan OP CBP di 14 titik. Diantaranya di Pasar Palmerah, Tomang, Grogol, Jatinegara, dan berbagai perumahan serta Rumah Susun (Rusun).

“Kita langsung hadir mendekati masyarakat, maka kita lakukan di perumahan dan Rusun. Tapi bila masyarakat lokasinya dekat dengan gudang Perum Bulog, bisa langsung membeli Beras Medium dengan harga
Rp. 8.100 per kilogramnya. Dari kegiatan ini kita bisa tahu, bagaimana kondisi masyarakat. Bila penyerapan beras kita rendah, berarti masyarakat masih bisa mendapatkan Beras Medium di pasaran dengan harga terjangkau. Bila penyerapan tinggi, maka ini menunjukkan bahwa masyarakat butuh Beras Medium dengan harga yang Perum Bulog tawarkan,” kata dia.

Menurut Budi, pihaknya menjamin bahwa Beras Medium yang digelontorkan hingga harga benar-benar stabil tersebut, benar-benar beras berkualitas. Bukan beras yang turun mutunya. Dan berbicara masalah ketersediaan stok beras, Perum Bulog kini memiliki 2 juta ton lebih. Yang mana untuk menyimpannya Perum Bulog sampai harus meminjam gudang milik TNI AU dan Polri.

“Kami sampai meminjam gudang milik AURI, milik Polri. Jadi stok beras masih cukup. Dan kita tetap melakukan penyerapan beras di daerah-daerah yang masih ada panen. Ini untuk mengantisipasi segala kemungkinan beberapa bulan kedepan. Juga mengantisipasi bencana alam seperti gempa di NTB. Beruntung, walaupun gudang di NTB rusak aibat gempa, tapi stok beras tetap aman. Dan penyerapan ini kita lakukan secara optimal agar tidak sedikit-sedikit kita impor. Impor saat kurs Dolar AS seperti saat ini, akan sangat memberatkan kami,” jelas mantan Kabareskrim Mabes Polri tersebut. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Prabowo Siap Jemput Habib  Rizieq dari Arab Saudi

JAKARTA, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menegaskan wacana penjemputan Habib Ri…