Home CAKRAWALA POLITIK DPR Dukung Pembatasan Impor Produk Konsumsi

DPR Dukung Pembatasan Impor Produk Konsumsi

Komentar Dinonaktifkan pada DPR Dukung Pembatasan Impor Produk Konsumsi
0
56

JAKARTA – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo: “Pimpinan DPR mendukung rencana pemerintah membatasi produk-produk impor untuk konsumsi”.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam pernyataan pers nya, Rabu (29/8/2018) pagi, menyatakan mendukung ikhtiar pemerintah menjaga transaksi berjalan yang saat ini mengalami defisit hingga 3 persen, dengan menerapkan pembatasan atas 900 produk impor di sektor konsumsi.

Namun, Bamsoet meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendata jenis produk impor konsumsi yang akan dibatasi. Menurutnya, pembatasan tidak boleh mengganggu ataupun mematikan aktivitas produksi industri dalam negeri.

“Investasi dan produksi di dalam negeri harus terus beraktifitas. Jangan sampai mati karena pembatasan impor. Maka kami meminta Kemendag berkoordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) serta Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia untuk mengkaji dampak pembatasan impor tersebut,” jelas Bamsoet.

Menurut dia pemerintah sebaiknya meminta pendapat kalangan usaha dalam menyusun jenis barang impor yang akan dibatasi.

“Agar tidak menimbulkan gejolak dalam negeri. Bila kebijakan pembatasan produk impor itu diterapkan maka pemerintah harus secara ketat mengawasinya. Harapannya, Kemenperin juga bisa menggenjot penggunaan bahan konsumsi dalam negeri. Jadi pembatasan impor justru bisa menjadi momentum bagi pemerintah menggenjot industri dalam negeri. Agar kualitas produksinya meningkat sehingga dapat bersaing dengan produk luar negeri,” pungkas politisi Golkar tersebut. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono
Editor : Ajie

Comments are closed.

Check Also

Bukti Demokrat Solid, SBY akan Jadi Jurkam Prabowo-Sandi

JAKARTA, “Penegasan Pak Prabowo bahwa Demokrat, Pak SBY, dan AHY bagian utuh dari ti…