Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Penempatan Pariwara Manado Fiesta 2018 Ketua DPRD Kota Manado Pun Tabrak Perda

Penempatan Pariwara Manado Fiesta 2018 Ketua DPRD Kota Manado Pun Tabrak Perda

Komentar Dinonaktifkan pada Penempatan Pariwara Manado Fiesta 2018 Ketua DPRD Kota Manado Pun Tabrak Perda
0
794

MANADO, Penempatan material pariwara Even Manado Fiesta 2018 milik Ketua DPRD Kota Manado, Noortje Van Bone disinyalir tabrak Peraturan Daerah (Perda) Kota Manado tentang Tata Letak Penempatan Reklame.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Perhelatan akbar Manado Fiesta tahun 2018 semakin dekat. Ini kali kedua Even pariwisata kota Manado digelar.

Belajar dari penyelenggaraan perdana, anggaran sebesar Rp 11,2 miliar pun di gelontorkan Pemkot Manado melalui Dinas Pariwisata di APBD Kota Manado tahun 2018 khusus untuk menunjang kegiatan sosialisasi dan promosi pariwisata nusantara di dalam dan luar negeri. Diluar anggaran promosi tadi, Pemkot Manado pun rela menggelontorkan anggaran sebesar Rp 8,4 miliar melalui APBD tahun 2018 untuk mensukseskan Even Manado Fiesta 2018.

Namun, pihak-pihak yang berniat baik mensukseskan perhelatan akbar ini pun alpa terhadap ketentuan Perda kota Manado nomor 11 tahun 2012 tentang Tata Letak Penempatan Reklame yang ditandatangani Wali kota Manado, G.S. Vicky Lumentut pada tanggal 28 Desember 2012 dan di undangkan pada tanggal 2 September 2013.

Pantauan Celebesnews di ruas jalan Sam Ratulangi dan beberapa ruas jalan lainnya di Kecamatan Sario, Malalayang, Paal 2, Mapanget, Wanea dan Wenang, tampak beberapa material pariwara dukungan ke Manado Fiesta 2018 yang berisi foto orang yang masuk dalam daftar bakal calon sementara (DCS) bakal calon anggota legislatif dari partai politik (parpol) yang sama.

Di Kecamatan Sario dan Malalayang, tampak material pariwara Manado Fiesta yang berisi foto Ketua DPRD Kota Manado, Noortje Van Bone bersama anggota DPRD Provinsi Sulut, James Karinda dan putera sulung Wali kota Manado sendiri, Kristo Ivan Lumentut, yang terpasang pada lokasi yang tidak sesuai ketentuan Perda.

Celebesnews.id – panduk reklame Ketua DPRD Kota Manado, Noortje Van Bone yang berisi materi even Manado Fiesta 2018 dipasang di lokasi yang tidak sesuai dengan Perda | Foto Simon

Di Kecamatan Mapanget, tampak juga material promosi Manado Fiesta 2018 yang berisi foto yang hampir sama dengan di Kecamatan Sario dan Malalayang, namun foto Ketua DPRD Kota Manado diganti dengan foto Fransisca Julia Kolanus. Nama terakhir diketahui juga masuk DCS parpol yang sama.

Fenomena material promosi dukungan Manado Fiesta 2018 yang yang menampilkan wajah bakal calon anggota Legislatif (Bacaleg) salah satu partai politik (parpol) ini pun mendapat kritikan warga kota Manado.

“Tampilan kota Manado semakin semerawut dengan kehadiran baliho dan spanduk caleg dari salah satu partai yang mendukung pelaksanaan Manado Fiesta 2018. Mereka pajang di sembarang tempat,” ujar Rifo warga Wanea yang sehari-hari bekerja di salah satu bank swasta, Kamis (23/08/2018).

Celebesnews.id – Reklame bakal Calon anggota legislatif kota Manado, Provinsi Sulut dan DPR-RI di Kelurahan Paniki Bawah Kecamatan Mapanget yang berisi materi even Manado Fiesta 2018 yang juga didirikan tepat di samping vertikal garden yang dibangun untuk memperindah wajah kota Manad o| Foto Simon

Senada, Recky warga Mapanget yang sehari-hari berprofesi sebagai supir angkutan online menilai wajah kota Manado semakin semerawut. “Macet di pusat kota Manado perlahan sudah berhasil dipindahkan. Sekarang tampilan wajah kotanya semarik kotor dengan kehadiran spanduk-spanduk Caleg partai yang dipajang di sembarang tempat. Setahu saya sudah ada Perda kota Manado yang mengatur tentang penempatan spanduk reklame. Malah yang paling banyak itu caleg dari partainya pak Wali kota Manado, yang materi spanduk dan balihonya tentang Even Manado Fiesta. Bawaslu harus memperhatikan ini,” ujar Recky.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Manado, Xaverius Runtuwene dikonfirmasi mengenai menjamurnya material promosi di lokasi yang dilarang mengatakan akan segera mengambil tindakan. “Iya…untuk spanduk-spanduk liar yang di tempatkan sembarang tempat akan segera ditertibkan,” tegas Runtuwene, Kamis (23/08/2018).

Untuk diketahui, terkait penempatan reklame, diketahui Kota Manado telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) nomor 11 tahun 2012 tentang Tata Letak Penempatan Reklame yang ditandatangani Wali kota Manado, G.S. Vicky Lumentut pada tanggal 28 Desember 2012 dan di undangkan pada tanggal 2 September 2013.

Pantauan Celebesnews hingga Sabtu (25/08/2018), material promosi masih tetap berada di tempatnya.[Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Belum Miliki Izin, Pengembang AKR Land Dapat Perlakuan Istimewa Pemkot Manado

MANADO, Perusahaan pengembang perumahan mewah ternama di Indonesia, Kawanua Emerald City d…