Home CAKRAWALA Mahfud Matahari yang Bersinar, Dorong Terpilihnya Ma’ruf Amin

Mahfud Matahari yang Bersinar, Dorong Terpilihnya Ma’ruf Amin

Komentar Dinonaktifkan pada Mahfud Matahari yang Bersinar, Dorong Terpilihnya Ma’ruf Amin
0
207

JAKARTA – Mahfud MD dinilai parpol-parpol anggota koalisi pendukung Jokowi-JK sebagai matahari yang bisa bersinar di 2024. Kondisi inilah yang menyebabkan Ma’ruf Amin. terpilih menjadi Cawapres Jokowi.

Demikian pendapat pengamat politik yang Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Parpol koalisi tentu saja tak setuju dengan Mahfud karena punya potensi menjadi matahari terang di pilpres 2024. Maka parpol pun menoleh ke Ma’ruf yang berpotensi tidak jadi matahari yang bersinar. Jadi potensi Mahfud yang bersinar menjadi salah satu faktor yang justru menguatkan dukungan kepada Ma’ruf Amin,” kata Pangi.

Namun dalam konteks terpilihnya Ma’ruf, dapat dinilai bahwa rumusnya parpol punya bergaining position yang tinggi menentukan cawapres ketimbang Jokowi.

“Rumusnya adalah parpol anggota koalisi justru yang punya bargaining position yang tinggi dibandingkan Jokowi. Bila hal ini yang juga dibaca publik, maka Jokowi dapat dinilai sebagai pemimpin yang lemah dan mudah didikte. Dan ini merugikan Jokowi,” kata dia.

Disisi lain Ma’ruf yang merupakan ulama yang mempunyai posisi sentral sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), mengcounter isu politik entitas agama yang dialamatkan ke Jokowi.

Yang mana selama ini Jokowi sering dinilai minor soal ketidakberpihakan pada umat Islam, kriminalisasi terhadap ulama dan berbagai macam isu SARA lainnya. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Rektor UKRIDA Mendukung Kemerdekaan Palestina

JAKARTA, Masalah di Yerusalem adalah penjajahan bangsa Israel terhadap Palestina, bukan ma…