Home CAKRAWALA Koalisi Parpol Hanya Hasilkan Cawapres Dadakan

Koalisi Parpol Hanya Hasilkan Cawapres Dadakan

Komentar Dinonaktifkan pada Koalisi Parpol Hanya Hasilkan Cawapres Dadakan
0
88

JAKARTA – Pengamat politik yang Direktur Poltracking Hanta Yudha mengatakan bahwa yang terbaca, dari penentuan Cawapres adalah, semua koalisi parpol hanya bisa menghasilkan Cawapres dadakan.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Ini semua Cawapres dadakan. Dihasilkan pada istilahnya ‘last minute’ oleh koalisi parpol. Mengapa saya katakan demikian, Karena tidak pernah marak spanduk dan baliho Sandiaga dan KH Ma’ruf Amin. Yang ada kan balihonya cak Imin, AHY, Rommy. Kan kelihatan ini dadakan semua,” kata Hanta dalam diskusi bertema Melodramatik Capres – Cawapres di Warung Daun Cikini, Sabtu (11/8/2018) siang.

Menurut Hanta kerumitan ini karena parpol berebut efek terhadap elektabiltas mereka bila mendukung Capres. Atau istilahnya efek ekor jas. Selain itu juga ada faktor Presidential Threshold 20 persen, yang membuat parpol tidak bisa dengan mudah mengajukan kadernya sendiri sebagai Capres atau Cawapres.

“Sebenarnya semua partai ingin mencalonkan kader terbaiknya. PKB inginya cak Imin, PAN bang Zulkifli, Demokrat AHY, PPP ya Rommy. Tapi terkendala oleh dua faktor tadi, ya akhirnya jadi sulit, dan harus repot-repot mencari titik temu. Jadi nggak jujur kalau mengatakan KH Ma’ruf Amin, sudah lama disiapkan. Lalu diumuman belakangan karena strategi politik. Bang Razman ini yang jujur, karena mengaku kalau KH Ma’ruf Amin ditentukan di last minute ” kata dia.

Hanta juga mengaku heran dengan pendapat politisi PPP Ahmad Baidowi bahwa penentuan Ma’ruf Amin tidak karena kepentingan 2024.

“Itu pendapat yang aneh. Partai kalau mau maju pasti pikirkan kepentingan 2024 itu apa. Bahkan kalau perlu juga kepentingan 2048 nya. Dan jujur saja, KH Ma’ruf pasti tidak terlepas dari kepentingan 2024. Agar parpol-parpol bisa start yang sama dalam menentukan Capres dan Cawapresnya,” kata dia. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

PM Korsel Apresiasi Pelaksanaan Asian Games 2018

JAKARTA, Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yeon menyampaikan apresiasi tinggi terhadap…