Home CAKRAWALA Ma’ruf Amin Dipilih, Bukti Gerakan 212 Beri Tekanan Politik

Ma’ruf Amin Dipilih, Bukti Gerakan 212 Beri Tekanan Politik

Komentar Dinonaktifkan pada Ma’ruf Amin Dipilih, Bukti Gerakan 212 Beri Tekanan Politik
0
204

JAKARTA – Ketua Umum MUI yang juga Rais Aam PBNU akhirnya dipilih Joko Widodo sebagai Calon Wakil Presiden yang akan mendampinginya pada Pilpres 2019 mendatang.

Menurut pengamat politik yang Direktur Indonesian Public Institute Karyono Wibowo, dipilihnya Ma’ruf Amin, sebagai bukti bahwa Gerakan 212 merupakan gerakan untuk memberikan tekanan politik.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Maka saya konsisten dengan pernyataan saya, bahwa Gerakan 212 itu gerakan untuk memberikan tekanan politik kepada Jokowi. Bukan gerakan yang tanpa tujuan politik. Ma’ruf Amin, juga terlibat sebagai tokoh didalamnya. Maka Jokowi pun akhirnya memilih Ma’ruf dengan pertimbangan dia bisa merangkul tokoh 212 agar tidak menekan Jokowi,” kata Karyono dalam diskusi publik bertema Membaca Harapan Publik dalam Pilpres 2019, di Sekretariat Kaukus Muda Indonesia (KMI), Jalan Salemba Tengah, Jum’at siang.

Menurut dia, dengan merangkul Ma’ruf, Jokowi juga belum tentu akan berhasil meredam tokoh Gerakan 212. Namun yang pasti, Jokowi masih relatif harus bekerja keras, untuk ‘mengerek’ Ma’ruf Amin, terutama bila dikaitkan dengan kecenderungan pemilih kita.

“Hal ini karena berdasarkan survei yang dilakukan IPI, mayoritas pemilih kita itu sukanya memilih Capres-Cawapres di usia antara 50 sampai 60 tahun. Lebih dari kisaran usia tersebut, ya dianggap berat lah untuk menjabat jabatan dengan konsekuensi berat tersebut. Lha sementara KH Makruf Amin, kan sudah diatas 70 tahun. Selain itu pemilih juga masih cenderung menilai dari casing. Yang mana Sandiaga Uno jauh lebih menarik bila dibandingkan Ma’ruf Amin,” kata Karyono.

Dia menambahkan bahwa dengan Jokowi menggandeng Ma’ruf, maka isu bahwa Jokowi anti Islam, dan Jokowi ke-Islamannya diragukan, bisa terbantahkan. Namun hal tersebut juga bisa dinilai Jokowi tidak pede membantah isu tersebut sendirian, sehingga sampai perlu harus menggandeng Ma’ruf Amin. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

PM Korsel Apresiasi Pelaksanaan Asian Games 2018

JAKARTA, Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yeon menyampaikan apresiasi tinggi terhadap…