Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Pemkot Manado Disinyalir Biarkan Perumahan Mewah Milik AKR Land Berdiri Tanpa Izin

Pemkot Manado Disinyalir Biarkan Perumahan Mewah Milik AKR Land Berdiri Tanpa Izin

Komentar Dinonaktifkan pada Pemkot Manado Disinyalir Biarkan Perumahan Mewah Milik AKR Land Berdiri Tanpa Izin
0
1,188

MANADO, Pemkot Manado disinyalir melakukan pembiaran terhadap pengembang AKR Land yang mendirikan bangunan perumahan mewah tanpa terlebih dahulu mengantongi perizinan yang berlaku.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Seakan tak belajar dari peristiwa perumahan mewah Holland Village milik Lippo Group, kembali Pemkot Manado disinyalir melakukan pembiaran terhadap pengembang perumahan mewah yang mendirikan bangunan tanpa terlebih dahulu mengantongi izin.

Kali ini, 2 perumahan mewah, yakni Viola dan Beryl milik AKR Land telah berdiri di wilayah Kecamatan Mapanget, Manado, tepatnya di area ringroad 2, disinyalir belum mengantongi izin terlebih dahulu dari Pemkot Manado.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kota Manado, Jimmy Rotinsulu dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Perencanaan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Naomi Ruru melalui nomor WA nya 081340253*** membenarkan pihak pengembang AKR Land belum mengantongi izin. “Berryl AKR belum ada izin. Casa de viola sudah ada IMB rumah tinggal yang terletak di kawasan perumahan,” jelas Naomi, Rabu (08/08/2018).

Berbeda dengan penjelasan Naomi, Kepala Bidang Data, Informasi, Pengaduan, Pengawasan dan Regulasi Dinas PM-PTSP Manado, Steven D. Nangoy, SE saat dikonfirmasi pada Rabu (08/08/2018) juga mengakui belum memiliki izin. “Emerald sedang dalam proses kelengkapan izin di PTSP. Kalau Casa de Viola, sebagian sudah sesuai, yang lain dalam proses penyesuaian,” jelas Nangoy seraya mengatakan pihaknya sudah memberikan surat pemberitahuan ke pengembang dan melakukan penempelan stiker bertuliskan BANGUNAN INI TIDAK MEMILIKI IZIN di bagian gedung, Rabu (08/08/2018).

Namun, saat Nangoy dikonfirmasi melalui nomor WA nya 085241110*** terkait nomor dan tanggal surat, Kamis (09/08/2018) siang mengatakan stafnya lagi tidak berada di kantor. “Kasie pengawasan lagi ikut rapat pengawasan di Perindag,” tulis Nangoy seraya berjanji akan menginformasikan kemudian.

Celebesnews.id – Lokasi perumahan mewah Casa de Viola milik AKR Land yang disinyalir belum mengantongi izin dari Pemkot Manado. | Foto Simon

Saat dikonfirmasi kembali sore hari, Nangoy memberi jawaban berbeda dan terkesan menutup-nutupi. Bahkan saat Celebesnews mendatangi lokasi, tak tampak lagi stiker yang ditempelkan Dinas PM-PTSP. “Mereka datang bermohon ke PTSP menyampaikan beberapa kendala sebagai pengembang dan dalam hal ini PTSP menyampaikan ketentuan dan syarat dalam hal perizinan,” tulis Nangoy.

Saat ditanya terkait area yang tidak sesuai Perda RTRW, Nangoy mengatakan posisi PTSP dalam hal ini tetap tidak mengeluarkan  izin. “Tindakan sudah jelas bagi PTSP untuk memberikan teguran bagi pengembang dan sebagai investor tentu kita menjaganya untuk taat terhadap apa yang menjadi ketentuan dalam berinvestasi,” jelas Nangoy seraya menjelaskan teguran memiliki tengang waktu dari pemberitahuan dan apabila tidak di indahkan diberikan peringatan 1 s/d ke 3.

Untuk pemberitahuan 3 hari kerja, Pringatan 1 s/d 3 selang 7 hari kerja, tambahnya.

Namun saat Celebesnews mengkonfirmasi nomor dan tanggal surat pemberitahuan yang diakui di tandatangani Kepala Dinas PM-PTSP, Nangoy berkelit tidak dibenarkan sesuai aturan. “Aturan adalah dasar untuk dilaksanakan jadi dalam hal pertanyaan saudara bahwa hal tersebut tidak di perbolehkan,” tulis Nangoy.

Saat dicecar aturan yang mengatur, kembali Nangoy berdalih sudah selesai kerja. “Saya ini sudah selesai kerja jadi untuk hal ini saya katakan baiknya di kantor, agar lebih jelas untuk menjawabnya,” tulis Nangoy seraya menyarankan untuk datang ke kantor Senin pekan depan dikarenakan Jumat (10/08/2018) besok ASN Pemkot Manado melakukan kegiatan Jumpa Berlian.

Sementara itu, pihak AKR Land yang dikonfirmasi beberapa hari lalu ke salah satu staf Ligitasinya, Panjaitan, mengakui masih belum memiliki izin dan mengalami kendala dalam pengurusan izin terkait Perda RTRW Kota Manado tahun 2014. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Tatahede: Pemkot Ajukan 3018 Rumah, BNPB Kucur Rp 213 Miliar, Disalurkan ke 2030 Rumah

MANADO, Pemkot Manado mengajukan dana bantuan bencana untuk perbaikan 3018 rumah rusak dan…