Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Pemkot Manado Tegas! Sejumlah Bangunan Tak Berizin Disegel

Pemkot Manado Tegas! Sejumlah Bangunan Tak Berizin Disegel

Komentar Dinonaktifkan pada Pemkot Manado Tegas! Sejumlah Bangunan Tak Berizin Disegel
0
660

MANADO, Pemkot Manado melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melakukan tindakan tegas terhadap bangunan tempat usaha yang belum memiliki izin.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Pemerintah Kota Manado (Pemkot Manado) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) melakukan tindakan tegas terhadap pendirian bangunan tempat usaha yang belum memiliki izin. Tindakan tegas dilakukan dengan memberi surat pemberitahuan dan menempelkan stiker berwarna latar merah bertuliskan BANGUNAN INI TIDAK MEMILIKI IZIN.

Celebesnews.id – Bangunan yang telah di tempelkan stiker oleh Dinas PM-PTSP Manado. | Foto Simon

Kepala Dinas PM-PTSP Manado, Jimmy Rotinsulu dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Data, Informasi, Pengaduan, Pengawasan dan Regulasi Steven D. Nangoy, SE menjelaskan sejak 3 pekan lalu pihaknya telah melakukan tindakan tegas terhadap puluhan bangunan tempat usaha di kota Manado yang berdiri tanpa memiliki izin. “Sejak 3 pekan lalu kita sudah lakukan tindakan tegas dengan memberikan surat pemberitahuan disertai penempelan stiker yang bertuliskan BANGUNAN INI TIDAK MEMILIKI IZIN. Kalau sudah diberitahu, pemilik diminta menghentikan sementara kegiatan pembangunan. Selanjutnya, kami mewajibkan pemilik bangunan untuk mengurus terlebih dahulu izin mendirikan bangunan (IMB) di Dinas PM-PTSP Manado,” ujar Nangoy ke Celebesnews.id, Selasa (07/08/2018) sore.

Menurut Nangoy, tindakan tegas ini dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan. “Tindakan yang kita lakukan sesuai perintah Wali kota dan Wakil Wali kota Manado yang mengacu ke peraturan perundang-undangan yang berlaku juga Perda Kota Manado. Ini untuk lebih tertibnya pembangunan di kota Manado,” jelas Nangoy.

Celebesnews.id – Bangunan yang telah di tempelkan stiker oleh Dinas PM-PTSP Manado. | Foto Simon

Terkait “Pengusaha Nakal”, Nangoy menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengawasan lebih intens. “Kalau sudah diberitahu dan bangunan sudah ditempel stiker, tapi pengusahanya tetap tidak mau mengurus perizinan, kita akan lanjutkan dengan Surat peringatan pertama, kedua dan ketiga. Bangunan akan kita bongkar kalau tetap tidak mau mengurus izin,” tegas Nangoy lagi.

Celebesnews.id – Bangunan yang telah di tempelkan stiker oleh Dinas PM-PTSP Manado. | Foto Simon

Nangoy mengungkapkan pihaknya telah meminta peran aktif dan kerjasama yang baik dari pemerintah Kecamatan. “Lurah dan Camat juga sudah kita beritahu melalui surat tembusan. Agar kita bisa bersinergi melakukan pengawasan. Antar dinas terkait juga kita sudah saling berkoordinasi. Kalau Wartawan juga mengetahui ada bangunan tempat usaha yang berdiri tanpa izin, bisa memberikan informasi ke kami. Intinya, mari kita bersinergi, bersama-sama mendukung dan mengawal program bapak Wali kota dan bapak Wakil Wali kota Manado yang ingin menata kota Manado menjadi lebih baik,” kunci Nangoy.

Pantauan Celebesnews, beberapa bangunan tak berizin di Kecamatan Malalayang dan Mapanget tampak telah ditempel stiker oleh Dinas PM-PTSP Manado. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Sat Pol PP Manado Akan Segel Perumahan Mewah Milik AKR Land Development

MANADO, Pemkot Manado melalui Satuan Polisi Pamong Praja segera menyegel beberapa proyek p…