Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Lepas 238 Calon Jamaah Haji, Wali kota Minta Jaga Nama Baik Manado di Tanah Suci

Lepas 238 Calon Jamaah Haji, Wali kota Minta Jaga Nama Baik Manado di Tanah Suci

Komentar Dinonaktifkan pada Lepas 238 Calon Jamaah Haji, Wali kota Minta Jaga Nama Baik Manado di Tanah Suci
0
292

MANADO, Wali kota Manado melepas 238 calon jemaah Haji kota Manado.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Wali kota, G.S.Vicky Lumentut, Selasa (07/08/2018) pagi tadi melepas 238 calon jemaah Haji (CJH) kota Manado yang akan menunaikan Rukun Islam kelima di tanah suci Makkah Al-Mukarramah, Saudi Arabia. Pelepasan CJH asal Kota Manado yang masuk kelompok terbang (Kloter) 12 Embarkasi Balikpapan itu, ditandai dengan penyematan slayer secara simbolis serta penyerahan tanda kasih Pemerintah Kota Manado kepada Arina Singa CJH tertua berumur 89 tahun dan Riandi Basri CJH termuda berumur 17 tahun.

Dalam sambutannya, Wali kota Vicky Lumentut berpesan kepada 238 CJH Kota Manado yang terdiri dari 140 CJH perempuan dan 98 CJH laki-laki, untuk menjaga nama baik Kota Manado selama berada di Makkah. Apalagi, predikat sebagai kota paling toleran di Indonesia, nama Manado telah dikenal dunia. “Saya titip pesan kepada Calon Jamaah Haji sekalian agar selama menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah agar senantiasa menjaga nama baik Kota Manado. Karena, kota kita ini sudah sangat dikenal sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia. Sehingga, menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk ikut menjaga predikat ini, tunjukan pada dunia bahwa kita adalah masyarakat yang rukun, harmonis dan saling hormat menghormati satu dengan yang lain meskipun berbeda-beda suku, agama dan keyakinan kita,” ujar Wali kota.

Sebagai pemimpin Kota Manado, dirinya berharap ke-238 CJH asal Manado yang berangkat ke tanah suci Makkah, bisa kembali ke Manado dalam keadaan utuh, sehat walafiat dan mendapat gelar Haji Mabrur. “Saya berharap 238 Calon Jamaah Haji Kota Manado yang mendapat kesempatan menunaikan ibadah haji tahun 2018 ini, semuanya akan kembali ke Manado dengan jumlah yang sama, dalam keadaan yang sehat dan mendapat gelar Haji yang Mabrur serta menjadi berkat bagi kota ini,” pesan Lumentut. Orang nomor satu di Manado itu juga berharap CJH asal Manado ikut mendoakan Kota Manado, agar kota ini tetap menjadi kota yang toleran dengan memberikan ruang bagi seluruh warga Kota Manado yang berbeda suku, agama, ras dan antar-golongan. “Kota Manado adalah rumah kita bersama,  ceritakan dan sosialisasikan kepada orang-orang yang ditemui disana tentang Kota Manado. Jangan lupa doakan Kota Manado, doakan Walikota Manado, agar Kota Manado terus menjadi kota bagi kita semua,” pintanya.

Tampil sebagai pembawa ceramah dalam acara tersebut, Ketua Majelis Ulama Indoesia (MUI) Kota Manado Mashar Kinontoa SAg. Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado Irwan Musa SE MSi memberikan laporan seputar kondisi tanah suci Makkah.

“Sekarang ini, saya dapat informasi suhu udara di Kota Makkah dan sekitarnya mencapai 50-55 derajat Celcius. Dengan kondisi ini, tentunya Calon Jamaah Haji harus menjaga kondisi tubuh agar tidak dehidrasi selama disana,” jelasnya.

Tampak hadir Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs H Rum Usulu, Staf Ahli Wali kota Manado Drs Heri Saptono, Pimpinan Kloter 12 Saleh Lababah, Anggota DPRD Manado Fatma bin Syek Abubakar, para Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Manado, Pimpinan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) se-Kota Manado, tokoh agama serta keluarga CJH. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Tatahede: Pemkot Ajukan 3018 Rumah, BNPB Kucur Rp 213 Miliar, Disalurkan ke 2030 Rumah

MANADO, Pemkot Manado mengajukan dana bantuan bencana untuk perbaikan 3018 rumah rusak dan…