Home CAKRAWALA Pulihkan NTB Pasca Gempa, Perlu Sinergi Antarlembaga

Pulihkan NTB Pasca Gempa, Perlu Sinergi Antarlembaga

Komentar Dinonaktifkan pada Pulihkan NTB Pasca Gempa, Perlu Sinergi Antarlembaga
0
179

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan duka mendalam atas musibah gempa yang terjadi kembali di Lombok Utara hingga berdampak sampai ke Bali dan Jawa Timur, yang mengakibatkan 91 orang meninggal dunia dan ratusan luka-luka.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Kami menyampaikan dukacita dan rasa keprihatinan yang mendalam, terutama bagi korban yang meninggal dan terluka, serta bagi keluarga korban untuk bersabar menerima musibah gempa ini,” kata Bambang, di Komplek Parlemen Senayan, Senin (6/8/2018) siang.

Menurut dia harus segera dilaksanakan rapat gabungan antara sejumlah Komisi di DPR dengan Kementerian dan Lembaga Negara terkait. Pembahasan penting dilakukan untuk ‎membahas mitigasi bencana.

“Perlu didorong upaya-upaya yang sinergi untuk mencegah, menanggulangi, dan mengurangi risiko terjadinya bencana, guna meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan terhadap terjadinya bencana,” ujar politikus Partai Golkar tersebut.

Selanjutnya, pria yang akrab dipanggil Bamsoet tersebut ingin agar Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengecek kondisi alat-alat pemantau cuaca dan bencana alam, apakah berfungsi sebagaimana mestinya. Sebab lembaga itu sangat krusial dalam  menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat.

Di sisi lain, diharapkannya ada sinergi antar kantor Badan Penanggulangan Bencana, kantor Badan Pencarian Orang, dari pusat sampai daerah. Yakni untuk segera melakukan pertolongan dan pencarian bagi korban yang belum ditemukan. Lembaga-lembaga inipun harus bekerja lebih keras memberikan bantuan kesehatan, pangan, pakaian, dan kebutuhan lainnya.

“Maka pimpinan DPR mendesak Kementerian Sosial (Kemensos), didesaknya berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah NTB agar memobilisasi pemberian bantuan kemanusiaan melalui Taruna Siaga Bencana. Hal itu agar kebutuhan masyarakat Lombok dan Bali yang terdampak gempa dapat disalurkan tepat sasaran,” kata dia.

Bamsoet juga meminta Kepolisian untuk tetap siaga dalam menjaga ketertiban dan keamanan terhadap pihak-pihak yang memanfaatkan situasi pasca bencana di Lombok. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Berencana Pindahkan Kedubes ke Yerusalem, Bamsoet Kecam Keras Australia

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengecam keras pemerintah Australia yang  be…