Home PROVINSI SULUT DPRD SULUT Nasdem Potensi Rebut Kursi Pimpinan DPRD Sulut Milik Gerindra-Demokrat

Nasdem Potensi Rebut Kursi Pimpinan DPRD Sulut Milik Gerindra-Demokrat

Komentar Dinonaktifkan pada Nasdem Potensi Rebut Kursi Pimpinan DPRD Sulut Milik Gerindra-Demokrat
0
313

MANADO, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sulut berpotensi merebut kursi pimpinan DPRD Sulut milik partai Demokrat atau Gerindra.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Pertarungan perebutan kursi pimpinan DPRD Sulut antara tiga partai, Nasdem, Demokrat dan Gerindra mulai terlihat dari komposisi nama-nama kader yang di usung pada Pilcaleg 2019. Demokrat-Gerindra sebagai incumbent wajib mewaspadai strategi taktis yang dipersiapkan partai besutan raja media, Surya Paloh.

“Target kita di Pilcaleg 2019 nanti bisa mendapat satu fraksi, yakni 6 kursi dengan skema dapat 1 kursi dari masing-masing Dapil. Periode lalu Nasdem dapat 2 kursi,” ujar Sekretaris Nasdem Sulut, Victor Mailangkay belum lama ini.

Dari strategi dan daftar bakal calon anggota Legislatif (Bacaleg), partai Nasdem berpeluang merebut 1 kursi pimpinan DPRD Sulut milik salah satu partai, yakni Demokrat ataupun Gerindra. Ada nama Victor Mailangkay dari Dapil Manado, Rosye Kalangi dari Dapil Minahasa-Tomohon dan Karel Bangko dari Dapil Bolmong Raya.

Untuk 2 kursi pimpinan lainnya dipastikan menjadi milik PDI Perjuangan dan Golkar.

Partai Gerindra sendiri terlihat tak mau melepas kursi pimpinan yang diraih pada Pemilu 2014 lalu. Target yang dipatok pun tak main-main, 15 kursi di Pilcaleg 2019. “Kami targetkan dapat 15 kursi. Skemanya, dari Dapil 1, 2 dan 3 masing-masing mendapat dua kursi. Untuk Dapil 4, 5 dan 6 masing-masing dapat 3 kursi, total 15 kursi,” jelas Ketua DPD partai Gerindra Sulut, Wenny Lumentut di kantor KPU Sulut belum lama ini.

Untuk merealisasikan target, Gerindra menempatkan kader-kader terbaiknya di setiap Dapil. Didapil Manado, Gerindra menghadirkan nama Melky Suawah. Di Dapil Minut-Bitung, Gerindra mengusung nama Priscilia Ester Waworuntu, Yusuf Jus Kamaunang dan dr. Gloria Lengkong. Ada nama Legislator Sulut, Juddi Moniaga, budayawan adat, Audy J Malonda dan Mesdie Sigar di Dapil Minsel-Mitra. Ferdinand Mangumbahang dan Lestia Manoi di Dapil Nusa Utara dan Syenny Kalangi, Hamdi Paputungan serta I Nyoman Judisthira di Dapil Bolmong Raya.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Sulut, Wenny Lumentut ada bersama Gretie Tinangon dan Herol Kaawoan melalui Dapil Minahasa-Tomohon.

Tak kalah sengitnya, Partai Demokrat dengan target 12 kursi menghadirkan nama putra Mahkota Ketua DPD Demokrat Sulut, Ivan Lumentut di Dapil Manado. Nama incumbent Marthen Manopo di Dapil Minahasa-Tomohon, Billy Lombok di Dapil Minsel-Mitra dan Ivone Bentelu di Dapil Nusa Utara. “Target kita di kota Manado dapat 3 kursi, Bitung-Minut 2 kursi, Minsel-Mitra 2 kursi, Minahasa-Tomohon 2 kursi, Kepulauan 2 kursi dan Bolmong Raya 1 kursi,” jelas Ketua DPD partai Demokrat Sulut, Vicky Lumentut.

Saat ini, komposisi kursi pimpinan DPRD Sulut di isi PDI Perjuangan melalui Andrei Angow yang duduk sebagai Ketua, Gerindra dengan Wenny Lumentut sebagai, Demokrat dengan Marthen Manopo dan Golkar dengan Vreeke Runtu masing-masing sebagai Wakil Ketua. Untuk nama terakhir, Vreeke Runtu, diketahui tidak lagi diakomodir partai Golkar.

Berbagai upaya dilakukan partai untuk mencapai targetnya. Fenomena “Lompat Pagar” pun terjadi jelang Pilcaleg 2019. Beberapa partai terlihat berhasil “membajak” beberapa kader potensial partai lain. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Perjuangkan PT. MMP, DPRD Sulut Dinilai ‘Membangkang’ Terhadap Surat KPK-RI

MANADO, Direktur Yayasan Suara Nurani Minaesa, Jull Takaliuang menilai DPRD Sulut ‘m…