Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Wali kota Gaungkan Manado Fiesta 2018 di Balikpapan

Wali kota Gaungkan Manado Fiesta 2018 di Balikpapan

Komentar Dinonaktifkan pada Wali kota Gaungkan Manado Fiesta 2018 di Balikpapan
0
171

BALIKPAPAN, Setelah kota Tarakan, Wali kota Manado, G.S. Vicky Lumentut kembali menggaungkan even Manado Fiesta tahun 2018 di kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Even Manado Fiesta tahun 2018 genjar di promosikan ke seantero nusantara. Setelah kota Tarakan, Wali kota Manado, G.S. Vicky Lumentut dan tim menyambangi kota Balikpapan.

Acara yang dikemas dengan tajuk Malam Bakudapa Warga Kawanua di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, digelar di Hotel Platinum Jalan Soekarno Hatta Balikpapan, Rabu (25/07/2018) malam.

Pada kesempatan itu, Wali kota Manado mensosialisasikan pelaksanaan Even pariwisata Manado Fiesta 2018 yang digelar 31 Agustus – 9 September 2018 mendatang. Orang nomor satu di Manado itupun mengundang warga Kawanua yang tinggal di Balikpapan untuk datang ke Manado dan meramaikan Even tahunan Manado Fiesta.

“Ini kedua kalinya kami menggelar Even pariwisata Manado Fiesta. Tahun lalu (2017) Kota Manado sangat ramai dengan warga Kawanua yang pulang kampung. Tahun 2018 ini saya berharap banyak orang Manado yang datang meramaikan Manado Fiesta,” ujarnya.

Lumentut menjelaskan, akan ada tujuh Festival yang digelar pada iven pariwisata itu. Puncaknya, hari Minggu tanggal 9 September 2018  digelar pengucapan syukur atau Thanksgiving Kota Manado. “Kalau di Minahasa atau di Minsel (Minahasa Selatan), Minut (Minahasa Utara), Mitra (Minahasa Tenggara), Bitung dan lainnya ada perayaan pengucapan syukur, di Manado kami juga melaksanakan pengucapan tapi agak berbeda. Makanya kami namakan Thanks Giving Kota Manado,” beber Lumentut.

Keunikan Thanks Giving Kota Manado menurut Lumentut, karena perayaan pengucapan syukur digelar semua golongan agama yang ada di Manado. “Perayaan pengucapan syukur di Kota Manado tidak hanya dilakukan umat Kristen saja tetapi semua umat beragama. Ada Muslimnya, Hindu, Buddha, Konghuchu, Katolik dan Kristen Protestan,” ungkapnya.

“Saya ajak orang-orang Balikpapan asal Manado agar rame-rame sisikan waktu pulang kampung di Manado pada tanggal 31 Agustus sampai 9 September. Selasa kemarin juga, kami barusan mengajak warga kawanua yang ada di Kota Tarakan Kalimantan Utara bersamaan digelarnya Apeksi atau Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ke XIII untuk bisa pulang kampung. Mari Jo Ka Manado, torang tunggu kehadiran warga kawanua di Balikpapan,” ajak Walikota Vicky Lumentut.

Tampak hadir dalam acara tersebut Anggota Komisi IX DPR RI Antonius Hencak, Penasehat Kawanua Balikpapan Joppy Nelwan, Ketua Komando Pasukan Adat Dayak DR Abriantinus serta ratusan warga Balikpapan asal Manado.

Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Balikpapan Drs Hendrik yang datang mewakili Wali kota Balikpapan. Mendampingi Wali kota Manado Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy Lengkong STh, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Manado Pdt Renata Ticonuwu STh, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Manado Drs Albert Wuysang, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado James Karinda SH MH, pejabat dilingkup Pemerintah Kota Manado serta sejumlah rekan Pers Pos Liputan Pemkot Manado.

Kemeriahan acara Malam Baku Dapa sekaligus sosialisasi Manado Fiesta 2018 di Balikpapan itu, diramaikan dengan berbagai atraksi budaya maupun dance modern. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Tatahede: Pemkot Ajukan 3018 Rumah, BNPB Kucur Rp 213 Miliar, Disalurkan ke 2030 Rumah

MANADO, Pemkot Manado mengajukan dana bantuan bencana untuk perbaikan 3018 rumah rusak dan…