Home CAKRAWALA HUKUM Konsultasi Nasional, GMKI Bahas Peran Gereja dalam Menghadapi Isu Sosial Korupsi

Konsultasi Nasional, GMKI Bahas Peran Gereja dalam Menghadapi Isu Sosial Korupsi

Komentar Dinonaktifkan pada Konsultasi Nasional, GMKI Bahas Peran Gereja dalam Menghadapi Isu Sosial Korupsi
0
106

BITUNG, Komsioner KPK Saut Situmoraang mengatakan, ada tiga strategi dalam pemberantasan korupsi yaitu represif, perbaikan sistem, edukasi dan kampanye. Ketiganya saling berjalan seiringan.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang mengatakan, tingkat korupsi di Indonesia masih sangat tinggi. Hal ini dikarenakan minimnya integritas dalam hidup seseorang yang membuat mudah untuk tergoda.

“Kita harus mempunyai integritas dalam hidup ini, sebagai komitmen dalam memberikan pelayanan, menjaga kepercayaan ucapan dan tindakan,” kata Saut pada saat Konsultasi Nasional GMKI di Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (13/7).

Menurut dia, saat ini masyarakat masih sering menyogok para penyedia jasa demi mempercepat proses administrasi.

“Hal ini adalah kasus korupsi besar yang sering dilakukan masyarakat luas, perilaku koruptif ini harus kita berantas,” kata dia.

Saut juga mengatakan bahwa ada tiga strategi dalam pemberantasan korupsi yaitu represif, perbaikan sistem, edukasi dan kampanye.

“Ketiga hal itu tidak dapat berjalan sendiri-sendiri, namun harus dilakukan secara bersama dan berkelanjutan supaya tingkat korupsi di Indonesia berkurang,” kata dia.

Di akhir pemaparannya, Saut mengajak anggota-anggota GMKI untuk terlibat aktif dalam aksi perlawanan terhadap korupsi.

“GMKI dapat melakukan sosialisasi dan pendidikan kepada mahasiswa dan pemuda Gereja. Selain itu, GMKI dapat melaporkan jika ada indikasi tindakan korupsi yang dilakukan oleh pejabat pemerintah di daerah masing-masing,” pungkasnya. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Hari Ini, Kejagung RI Periksa Wali kota Manado Terkait Dugaan Korupsi Dana Banjir 2014

MANADO, Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) dikabarkan memanggil Wali kota Ma…