Home PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Kalibrasi Alat Ukur Pengaruhi Mutu Produk, BPSMB Kalteng lakukan Sosialisasi

Kalibrasi Alat Ukur Pengaruhi Mutu Produk, BPSMB Kalteng lakukan Sosialisasi

Komentar Dinonaktifkan pada Kalibrasi Alat Ukur Pengaruhi Mutu Produk, BPSMB Kalteng lakukan Sosialisasi
0
95

KUALA KAPUAS – Penggunaan alat ukur didalam laboratorium, industri maupun perdagangan merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan,karena penggunaan alat ukur yang baik dan tepat turut menjamin kualitas atau mutu produk, serta Kalibrasi ukuran yang digunakan. Misalnya : hitungan Kilogram pada alat timbangan, Liter pada takaran bensin.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB ) Kalimantan Tengah melaksanakan Sosialisasi Kemampuan di Bidang Pengujian dan Kalibrasi, yang dilaksanakan di Aula Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kab.Kapuas, pada hari Kamis tanggal 12 Juli 2018.

BPSMB merupakan UPT (Unit Pelaksana Teknis) yang berada didalam lingkup Kerja Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalimantan Tengah.

Samuel Sombo Manager Mutu BPSMB mengatakan tujuan sosialisasi adalah pemasyarakatan pentingnya pengujian dan kalibrasi, kesadaran mutu dan SNI.

Dikatakan juga bahwa Metrologi (pengetahuan tentang ukur mengukur secara luas) dikategorikan menjadi dua, yaitu Metrologi Legal yang terkait uji Tera dengan tujuan perlindungan konsumen, dan Metrologi Teknis yang terkait dengan Kalibrasi, peralatan yang digunakan, dengan tujuan menjaga mutu.

Celebesnews.id – Peserta Sosialisasi BPSMB | Foto Kristanto

Sedangkan Kalibrasi hanya boleh dilakukan oleh lembaga yang telah mendapat pengakuan formal dari KAN (Komite Akreditasi Nasional), yang mana BPSMB Prov.Kalteng telah mendapatkan akreditasi sebagai Laboratorium Kalibrasi dengan no.LK-204-IDN.

Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta yang terdiri dari a.l : Laboratorium RSUD Kapuas, Lab.BLHD Kapuas, Lab.Dinas PU, Lab.Pabrik AMDK New Danum, dll.

Winda Margaretta salah satu peserta dari Pabrik AMDK New Danum mengatakan bahwa Sosialisasi ini adalah hal yang baik, karena sebelumnya peralatan Lab di perusahaannya dikalibrasi di Banjar Baru Kalsel, sehingga untuk periode berikut dapat dilakukan di Kalteng. [Celebesnews.id]

Penulis : Kristanto

Comments are closed.

Check Also

Bakti Sosial Ormas Kapuas Peringati Hari Kebangkitan Nasional

KUALA KAPUAS – Organisasi kemasyarakatan yang ada di kabupaten Kapuas menggelar Bakt…