Home CAKRAWALA Dian Sastro dan Mikha Tabayong Mendapat Kehormatan Bawa Api Asian Games

Dian Sastro dan Mikha Tabayong Mendapat Kehormatan Bawa Api Asian Games

Komentar Dinonaktifkan pada Dian Sastro dan Mikha Tabayong Mendapat Kehormatan Bawa Api Asian Games
0
115

JAKARTA, “Saya bangga dan terharu. Ini merupakan sejarah tidak terlupakan dalam hidup saya,” kata Dian kepada awak media dalam suatu acara di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Dua aktris papan atas tanah air, Dian Sastrowardoyo dan Mikha Tambayong mendapat kehormatan untuk membawa Api Asian Games yang diambil dari India dan dinyalakan di Kaldron Stadion Utama Senayan, Gelanggang Olahraga Bung Karno, pada pembukaan Asian Games Jakarta-Palembang, 18 Agustus mendatang. Api tersebut bakal menyala sampai pesta olahraga antar negara se-Asia itu ditutup 2 September 2018.

Keterangan tertulis yang diterima wartawan menyebutkan, Api untuk obor Asian Games 2018 berasal dari sinar matahari. Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Insagoc) akan menyalakan api ini menggunakan cermin parabola yang diarahkan ke sinar matahari pada prosesi di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, 17 Juli 2018.

Inasgoc meneruskan tradisi yang dimulai pada Asian Games 2014 di Incheon terkait asal api. Sejak empat tahun lalu, obor Asian Games dinyalakan di lokasi pertama kali Asian Games digelar 1951, yakni Stadion Nasional Dhyan Chand.

Secara tradisional, api Asian Games selalu dinyalakan di negara penyelenggara. Namun, untuk menanamkan rasa tradisi dan kehormatan terhadap sejarah Asian Games, api Asian Games ke-17 di Incheon dinyalakan di negara yang pertama kali menyelenggarakan pesta olahraga bangsa Asia ini.

Nyala api menggunakan cermin parabola dengan sinar matahari, untuk memastikan kemurniannya dinyalakan di stadion pertama kali Asian Games di India.

Baik Dian maupun Mikha mengaku terharu dan bangga mendapat kesempatan membawa Obor Api Asian Games. Tidak pernah terbayang dan terpikirkan keduanya bakal mendapat kehormatan itu. “Saya bangga dan terharu. Ini merupakan sejarah tidak terlupakan dalam hidup saya,” kata Dian kepada awak media dalam suatu acara di Hotel Atlet Century Senayan, Jakarta.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc), Eris Herryanto mengatakan, terlibatnya publik figure dalam kirab obor Asian Games dapat menarik minat masyarakat agar turut menggelorakan ajang empat tahun sekali tersebut di Indonesia.

Terlebih para selebritas itu memiliki jumlah pengikut banyak. “Public figur banyak memiliki follower sehingga bisa menarik generasi muda dan kalangan umum untuk mengetahui tentang Asian Games dan serta memberikan semangat kepada atlet di Asian Games nanti,” ujar Eris.

Eris berharap melalui kirab obor, dapat mengenalkan destinasi wisata daerah di nusantara. Oleh karenanya, daerah yang dilalui kirab obor dapat menggelar kegiatan menarik wisatawan. Lantaran Asian Games merupakan ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade.

Peserta dan peliput dari berbagai negara pun akan berdatangan untuk mengabadikan acara tersebut. Kirab obor sendiri melewati 18 provinsi dan 53 kota di Indonesia. Dian Sastro ke Solo dan Mikha Tambayong di Palembang. Selain mereka ada pula dua aktor lainnya.

“Ada Hamish Daud di Bali dan Chicco Jerikho di Bogor,” kata Vice President Samsung Electronics Indonesia Kang Hyun Lee. Sebagai salah satu pembawa obor Asian Games, Dian Sastro mengaku, bangga mendapat kesempatan tersebut. Pasalnya, tidak semua orang bisa mewakili Indonesia untuk membawa obor Asian Games. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Keluarga Gus Dur Dukung Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin

JAKARTA, “Dengan mengucapkan bismillah kami dukung pasangan nomor 01,” kata pu…