Home CAKRAWALA HUKUM Hasil Pengembangan, KPK Menyebut Zumi Zola Menerima Gratifikasi Rp 49 Miliar

Hasil Pengembangan, KPK Menyebut Zumi Zola Menerima Gratifikasi Rp 49 Miliar

Komentar Dinonaktifkan pada Hasil Pengembangan, KPK Menyebut Zumi Zola Menerima Gratifikasi Rp 49 Miliar
0
36

JAKARTA, “Sampai saat ini penyidik telah menemukan bukti bahwa ZZ (Zumi Zola) diduga menerima total Rp 49 miliar selama periode 2016-2017,” ucap Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperbarui angka gratifikasi yang diduga diterima Gubernur non aktif Jambi Zumi Zola. Sebelumnya, Zumi disebut menerima Rp 6 miliar saat ditetapkan sebagai tersangka, berdasarkan hasil penyidikan KPK angka gratifikasi itu naik drastis.

“Sampai saat ini penyidik telah menemukan bukti bahwa ZZ (Zumi Zola) diduga menerima total Rp 49 miliar selama periode 2016-2017,” ucap Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di kantor Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (10/7/2018).

“Perkara tersebut saat ini masih proses penyidikan,” ucapnya.

Sebelumnya, Zumi ditetapkan kembali sebagai tersangka. Kali ini, Zumi diduga sebagai pemberi suap ke DPRD Jambi berkaitan dengan ‘ketok palu’ RAPBD.

Kasus yang menjerat Zumi itu merupakan pengembangan dari perkara yang berawal dari operasi tangkap tangan (OTT) yang menjerat 4 orang, yaitu anggota DPRD Provinsi Jambi 2014-2019 Supriyono, Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik, Plt Kadis PUPR Jambi Arfan, dan Asisten Daerah 3 Provinsi Jambi Saipudin.

Dalam perkara itu, Zumi disebut KPK mengetahui dan setuju terkait uang ketok palu serta meminta Arfan dan Saipudin mencari uang agar mendapat pengesahan RAPBD 2018.

Menurut Basaria, informasi yang diterima KPK, mulanya para anggota DPRD Jambi bakal diberikan ‘uang ketuk’ kehadiran rapat pengesahan RAPBD Jambi sebesar Rp 200 juta per orang.

Namun, perlu ada penyelidikan lanjutan untuk memastikan siapa saja yang menerima aliran uang haram tersebut.

Oleh karena itu, tim penyidik KPK berencana melakukan pemeriksaan terhadap para anggota DPRD dan pejabat pemprov Jambi sebanyak 33 orang pada minggu ini di Jambi.

“Kami sudah merencanakan sekitar 33 saksi akan diperiksa nanti di Jambi. Ini bisa jadi kita akan terang, apakah semua bisa dibuktikan penyidik semua benar-benar menerima. Karena menurut informasi awal mereka akan dibagi 1 orang Rp 200 juta dan yang dikumpulkan dari tujuh orang ada Rp 700 juta itu adalah separuh yang diberikan. Apakah selain yang tujuh orang tadi akan mengembalikan atau tidak nanti kita lihat perkembangannya,” kata jendral bintang dua polisi wanita itu. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Anggota DPR Tuding OTT di Lapas Ecek-ecek, KPK: Pikirannya Perlu ‘Dipermak’

JAKARTA, KPK sebut bahwa korupsi di lapas sudah sistematik. …