Home CAKRAWALA POLITIK UU Pemilu dan PKPU Dukung Semangat Anti Narkoba

UU Pemilu dan PKPU Dukung Semangat Anti Narkoba

Komentar Dinonaktifkan pada UU Pemilu dan PKPU Dukung Semangat Anti Narkoba
0
76

JAKARTA – Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, juga mendukung gerakan pencegahan dan pemberantasan narkotika. Setidaknya itu termuat dalam ketentuan tentang persyaratan calon legislatif yang kemudian secara teknis dirinci dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Bahtiar, di Pressroom Kemendagri, Senin (9/7/20218) sore, mengatakan, “Disebutkan dalam UU tersebut bahwa bakal caleg harus punya surat keterangan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Itu ada dalam Pasal 240 ayat (2) huruf d”.

Menurut Bahtiar, hal tersebut menunjukkan bahwa aturan kepemiluan yang dibentuk oleh Pemerintah dan DPR lewat UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu sangat mendukung gerakan pencegahan dan pemberantasan narkotika. Dan, semangat anti narkotika, diperkuat oleh aturan teknis lewat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Ini ditindaklanjuti lebih lanjut oleh PKPU Nomor 20 Tahun 2018 pasal 8 ayat (1) huruf h, bebas dari penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif,” kata Bahtiar.

Hal ini terkait dengan kejahatan narkotika, bukan kejahatan biasa. Tapi kejahatan luar biasa, yang daya rusaknya mengerikan. Maka dibutuhkan instrumen hukum untuk menangkal calon wakil rakyat yang terkontaminasi pengaruh narkotika. Publik berhak mendapat wakil rakyat yang berintegritas dan bebas dari pengaruh narkotika.

“Prinsipnya kita harus lakukan cegah dini, untuk mencegah masuknya oknum bermasalah narkoba kedalam lembaga legislatif,” jelas Bahtiar. [celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Bukti Demokrat Solid, SBY akan Jadi Jurkam Prabowo-Sandi

JAKARTA, “Penegasan Pak Prabowo bahwa Demokrat, Pak SBY, dan AHY bagian utuh dari ti…