Home CAKRAWALA MANCANEGARA Korupsi, Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif Divonis 10 Tahun Penjara

Korupsi, Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif Divonis 10 Tahun Penjara

Komentar Dinonaktifkan pada Korupsi, Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif Divonis 10 Tahun Penjara
0
73

ISLAMABAD, Mantan PM Pakistan Nawaz Sharif menyangkal tuduhan korupsi, dan vonis terhadap dirinya dilandasi motif politik. 

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Terbukti korupsi terkait empat apartemen mewah di London, Pengadilan Pakistan memvonis mantan Perdana Menteri (PM) Nawaz Sharif dengan penjara 10 tahun.

Mantan PM Pakistan itu menyebut vonis pengadilan itu dilandasi motif politik.

Pengadilan Biro Akuntabilitas Nasional (NAB) menjatuhkan vonis setelah beberapa kali ditunda. Sharif sebelumnya mengajukan penundaan vonis saat dia di London bersama istrinya, tempat sang istri mendapat perawatan penyakit kanker.

Awal tahun ini, Mahkamah Agung (MA) mendiskualifikasi Sharif sebagai ketua partai. Dia diperintahkan mundur tahun lalu karena tuduhan korupsi. Tuduhan itu Sharif sangkal.

Pengadilan menyatakan pemecatan dari posisi PM membuatnya tidak layak menjadi ketua partainya, PML-N. Semua keputusan yang diambil Sharif saat menjadi ketua partai dinyatakan tidak sah, termasuk pencalonan para kandidat dalam pemilu Senat.

“Komisi Pemilu diperintahkan menghapus nama Nawaz Sharif sebagai ketua PML-N dari semua catatan resmi. Sebagai hasil, semua langkah yang diambil, semua perintah yang dikeluarkan Nawaz Sharif juga dinyatakan tidak pernah diambil,” papar Ketua Hakim Saqib Nisar.

Keputusan itu menjadi pukulan bagi Sharif yang terus menegaskan dia tidak bersalah dan hanya jadi korban konspirasi politik. Sharif diadili dalam kasus korupsi setelah penyelidikan pada keuangan keluarganya.

PML-N menguasai kursi mayoritas di majelis rendah dan berharap dapat menguasai Senat dalam pemilu mendatang. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Mahathir Mohammad: LGBT dan Pernikahan Sejenis Tidak Bisa Diterima di Malaysia

JAKARTA, Pernikahan pria dan pria, atau wanita atau wanita di Malaysia itu bukan keluarga.…