Home CAKRAWALA SOSIAL DAN BUDAYA HUT Jakarta, Pemprov DKI Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Capai 7 Persen

HUT Jakarta, Pemprov DKI Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Capai 7 Persen

Komentar Dinonaktifkan pada HUT Jakarta, Pemprov DKI Targetkan Pertumbuhan Ekonomi Capai 7 Persen
0
124

JAKARTA, Pemprov DKI Jakarta berjanji menargetkan pertumbuhan ekonomi sekitar 7 persen. Selain itu berjanji dalam lima tahun bisa membawa perubahan bagi Jakarta, dengan menargetkan 250 ribu lapangan kerja baru tercipta dalam lima tahun.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, peringatan hari lahir ke-491 tahun Kota Jakarta tepat pada Jumat, 22 Juni, dan akan digelar meriah. Menurutnya, seluruh persiapan sudah tuntas.

Anies menjelaskan kickoff perayaan ultah Jakarta dimulai malam ini dengan pesta kembang api di JIExpo Kemayoran.

“Alhamdulillah kita bersyukur bahwa HUT kali ini hampir bersamaan dengan perayaan Idul Fitri. Jadi dalam kesempatan ini kita merayakan dua hal. Nanti malam kita mulai kickoff-nya kira-kira. Dan besok juga perayaannya,” kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menambahkan, pada malam sebelum HUT DKI, juga ada acara yang dinamakan ‘malam muda-mudi’, yang merupakan malam pemilihan Miss Jakarta Fair.

“Malam muda-mudi yang saya rencanakan hari ini dapat tugas dari Pak Gubernur adalah yang ada di Jakarta Fair itu nanti ada pemilihan Miss Jakarta Fair,” kata Sandi.

Tak hanya itu, HUT DKI yang bertepatan dengan sejumlah acara ini dinilai Sandi sebagai momen yang spesial. Rangkaiannya berdekatan dengan momen Idul Fitri, Piala Dunia, sampai Asian Games, sehingga campur aduk, seperti gado-gado.

“Dan nanti ada juga pesta kembang api bertepatan juga dengan nobar sepak bola, jadi campur aduk gado-gado, perayaan ulang tahun multievent, Lebaran juga, dan ada juga demam sepak bola mau ditambahi juga biar rasanya ‘nano-nano’ adalah Asian Games,” lanjut Sandi.

Sementara itu, tepat pada Jumat (22/6/2018), HUT DKI akan dimulai dengan upacara di Monas. Kemudian akan dilanjutkan pada malam hari dengan agenda gala dinner bersama duta besar di Balai Kota.

Malamnya ada dinner dengan duta besar dan tamu-tamu di Balai Kota.

Sandiaga berharap dalam perayaan HUT DKI ke-491 ekonomi di Jakarta akan bisa terus tumbuh positif. Dia menargetkan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7 persen.

“Kita harus memenangkan ekonomi Jakarta. Target kita tumbuh 7 persen,” kata Sandiaga.

Sandiaga berjanji dalam lima tahun bisa membawa perubahan bagi Jakarta. Dia menargetkan 250 ribu lapangan kerja baru tercipta dalam lima tahun.

“Melalui OK OCE kita ingin membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” sebutnya.

Kegiatan di PRJ ini juga dihadiri Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede, Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi, dan Kepala Satpol PP DKI Yani Wahyu. Usai kembang api, tepat pada 22 Juni nanti, HUT DKI akan dimulai dengan upacara di Monas. Kemudian akan dilanjutkan pada malam hari dengan agenda gala dinner bersama duta besar di Balai Kota.

Ulang tahun Kota Jakarta ke-491 yang jatuh pada 22 Juni 2018, menjadi momentum bagi Ancol untuk mengangkat kembali kebudayaan Betawi sebagai penduduk asli Ibu Kota.

Ancol Kampung Betawi Festival merupakan slogan yang diusung Pasar Seni Ancol untuk memeriahkan hari jadi kota yang awalnya bernama Sunda Kelapa ini. Dalam rangka itu, Pasar Seni pun diubah menjadi sangat bernuansa Betawi.

Rika Lestari, Coorporate Communication Ancol Taman Impian, kala dihubungi Rabu (20/06/2018) mengatakan, “Kampung Budaya Betawi ini hadir sampai Agustus mendatang, kami dedikasikan sebagai apresiasi dan melestarikan budaya asli Jakarta.”

Selain pameran Wall of Frame Jakarta di Galeri North Art Space (NAS) Pasar Seni Ancol, yang menampilkan sejarah nama dan asal-usul (toponimi) kampung di Betawi, ada juga pameran barang-barang Betawi tempo dulu. Di sini, para wisatawan yang berkunjung bisa berfoto menggunakan pakaian Betawi tempo dulu dengan latar yang laik Instagram.

Hiburan lain juga disiapkan, termasuk pementasan lenong Betawi, gambang kromong, palang pintu Betawi, pawai ondel-ondel dan pencak silat. Abang dan None Jakarta akan menaiki delman dengan diarak puluhan ondel-ondel.[Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

BPS: Indeks Kebahagiaan Orang Indonesia di Masa Presiden Jokowi Meningkat

JAKARTA – Indeks kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan dari 68,28 pada 2014 me…