Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Lippo Group Sakti, Dirikan Rumah Tanpa Kantongi IMB, Pemkot Manado Bungkam

Lippo Group Sakti, Dirikan Rumah Tanpa Kantongi IMB, Pemkot Manado Bungkam

Komentar Dinonaktifkan pada Lippo Group Sakti, Dirikan Rumah Tanpa Kantongi IMB, Pemkot Manado Bungkam
0
857

MANADO, Pengembang Holland Village Manado milik Lippo group mendirikan bangunan rumah tanpa harus memiliki Izin Memiliki Bangunan (IMB) dari Pemkot Manado.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Pengembang perumahan mewah Holland Village milik Lippo group bisa dengan tenang mendirikan bangunan rumah tanpa mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemkot Manado.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Kadis PMPTSP), Jimmy Rotinsulu dikonfirmasi Selasa (05/06/2018) pekan lalu membenarkan belum dimilikinya IMB. “Untuk Holland Village hingga kini belum memiliki IMB, karena mereka belum mendapat rekomendasi dari Balai Sungai terkait bangunan di bantaran sungai,” jelas Rotinsulu.

Celebesnews.id – Beberapa bangunan milik konsumen Holland Village yang sudah berdiri tanpa terlebih dahulu mengantongi IMB dari Pemkot Manado. | Foto Simon

Menurut Rotinsulu, beberapa waktu lalu pernah dilakukan rapat dan IMB bisa dikeluarkan jika ada rekomendasi dari balai sungai.

Senada, Kabid Pembangunan DPMPTSP, Naomi Ruru ketika dikonfirmasi membenarkan belum adanya IMB yang dimiliki perumahan Holland Village. “Perumahan Holland Village belum ada IMB. Untuk sekolah sudah ada IMB,” jelas Ruru.

Lebih lanjut, Ruru mengakui, untuk perizinan lainnya telah dimiliki Holland Village. “Izin lokasi tanggal 30 April 2015, Izin prinsip tanggal 27 Februari 2015, Andalalin tanggal 23 April 2015, Izin lingkungan tanggal 31 Desember 2015, LPPT tanggal 8 Juni 2015, sekarang sementara di revisi,” jelas Ruru lagi.

Berbeda dengan pengakuan Presiden Komisaris Lippo grup, Theo Sambuaga. Saat pertemuan dengan konsumen Holland Village beberapa waktu lalu di Aryaduta Hotel, Sambuaga mengatakan IMB untuk Holland Village sudah ada. “IMB sudah keluar. Holland Village sudah memiliki IMB,” tegas Sambuaga.

Pihak DPRD Kota Manado sendiri sempat mempertanyakan kebijakan yang diambil Pemkota Manado.

“Dengan kejadian ini, Pemkot Manado kiranya dapat turun lapangan untuk mengawasi para investor ini. Jika belum memiliki izin, kami minta proses pembangunan dihentikan dulu. Harus sesuai Perda RTRW yang ada dan peraturan perundang-undangan. Saya sudah sering ingatkan ini,” jelas Legislator Kota Manado, Lily Binti.

Celebesnews.id – Beberapa bangunan milik konsumen Holland Village yang sudah berdiri tanpa terlebih dahulu mengantongi IMB dari Pemkot Manado. | Foto Simon

Jika menilik peraturan perundang-undangan yang ada pada Undang-undang no. 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung Bab IV, pasal 7 dan pasal 8, Undang-undang no. 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang Bab IV pasal 7, Bab VI pasal 35 dan pasal 37, Bab VIII pasal 60 – pasal 63, Peraturan Pemerintah no. 36 tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang no. 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung dan Perda Kota Manado nomor 6 tahun 2012 tentang Bangunan Gedung Bab IV pasal 9 sudah sangat jelas menyatakan setiap bangunan yang akan didirikan di wajibkan memiliki syarat administratif yakni Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Namun hingga kini Pemkot Manado tidak melakukan tindakan apa pun terhadap pelanggaran yang dilakukan perusahaan milik Lippo group ini.

Hal ini terkuak saat ratusan konsumen pengembang perumahan mewah milik Lippo grup, Holland Village mendatangi kantor DPRD Kota Manado, Selasa (05/06/2018) pekan lalu. Para konsumen yang sebagian besar adalah pengusaha di kota Manado ini mengadukan nasib mereka yang merasa telah di tipu pengembang Holland Village. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Tatahede: Pemkot Ajukan 3018 Rumah, BNPB Kucur Rp 213 Miliar, Disalurkan ke 2030 Rumah

MANADO, Pemkot Manado mengajukan dana bantuan bencana untuk perbaikan 3018 rumah rusak dan…