Home PROVINSI SULUT PEMPROV SULUT Pemprov Sulut Raih Opini WTP dari BPK RI

Pemprov Sulut Raih Opini WTP dari BPK RI

Komentar Dinonaktifkan pada Pemprov Sulut Raih Opini WTP dari BPK RI
0
130

MANADO, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Sulut tahun 2017.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 diraih Pemprov Sulut dari BPK-RI.
Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dilakukan Ketua 6 BPK RI Wilayah Sulut, Harry Azar Aziz pada rapat paripurna yang digelar di kantor DPRD Provinsi Sulut, Selasa (5/6/2018).

Dalam sambutannya, Harry Azar Aziz menyatakan berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK, disimpulkan, penyusunan LKPD Sulut tahun 2017 telah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

“Kriteria tersebut adalah standar akuntansi pemerintah (SAP) berbasis akrual, telah diungkapkan secara memadai dan tidak terdapat ketidakpatuhan yang berpengaruh langsung dan material,” jelas Harry.

LHP juga, lanjut Harry, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para pimpinan dan anggota dewan dalam rangka melaksanakan fungsinya, yaitu fungsi anggaran, legislasi maupun pengawasan.

LHP ini akan lebih bermanfaat apabila diikuti dengan tindak lanjut sebagaimana yang disarankan BPK, katanya.

Hal ini sesuai dengan ayat 3 pasal 20 Undang-undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey sendiri memberikan apresiasi terhadap kerjasama yang baik antara BPK dengan Pemprov Sulut. “Kerjasama ini berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita harapkan,” kata Olly.

Penyerahan LKPD ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara Pasal 56 yang menyatakan bahwa Gubernur/Bupati/Wali kota menyampaikan laporan keuangannya kepada BPK RI paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Pemkot Manado Dukung Pemprov Sulut Jalin Kerjasama dengan Oxford University

MANADO, Wali kota Manado, GS. Vicky Lumentut dan Kadis PUPR Peter KB Assa masuk dalam tim …