Home KOTA KOTA MANADO PEMKOT MANADO Pemkot Manado: Holland Village Belum Ada IMB

Pemkot Manado: Holland Village Belum Ada IMB

Komentar Dinonaktifkan pada Pemkot Manado: Holland Village Belum Ada IMB
0
1,541

MANADO, Pemerintah Kota Manado menyatakan perumahan mewah Holland Village milik Lippo grup belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Pertemuan antara konsumen perumahan mewah Holland Village dengan Direksi Lippo grup, Rabu (30/05/2018) siang kemarin tak menemui kata sepakat. 3 orang Direksi Lippo grup yang dipimpin langsung Presiden Direktur Lippo grup, Theo Sambuaga, bersama Presiden Direktur Lippo yang juga CEO Holland Village Manado, Ketut Budi Wijaya harus di evakuasi oleh Kapolresta Manado, Kombes Pol FX. Surya Kumara dari ruang pertemuan di lantai 6 Aryaduta hotel.

Konsumen Holland Village yang merasa sudah dibohongi pihak manajemen menuntut 3 orang Direksi Lippo grup menandatangani surat pernyataan untuk menepati janji pembayaran kompensasi denda penalti dan melanjutkan pembangunan rumah yang telah mereka bayar lunas.

Konsumen juga mempertanyakan izin mendirikan bangunan (IMB) yang dimiliki Holland Village. “Kami mau menanyakan, apakah Holland Village sudah memiliki IMB? Kami juga menanyakan, bagaimana dengan rumah kami yang dibangun sangat dekat dengan bantaran sungai? Setahu kami, dari gambar yang diberikan, jarak bangunan rumah dengan tebing sungai tidak berdekatan, tapi sekarang nyatanya sangat dekat,” tanya Maramis dan Rompas dengan pertanyaan yang sama saat pertemuan dengan Direksi Lippo grup, di lantai 6 Aryaduta Hotel, Rabu (30/05/2018).

Celebesnews.id – Bangunan rumah milik konsumen Holland Village yang tak kunjung selesai dan ternyata belum memiliki IMB. | Foto Simon

Jawaban yang menggelitik diberikan Presiden Direktur Lippo grup, Theo Sambuaga dengan mengakui Holland Village telah memiliki IMB. “Holland Village sudah memiliki IMB. Untuk bangunan Mall dan Rumah Sakit akan tetap kita bangun dan izinnya sementara diproses,” jelas Theo Sambuaga, Rabu (30/05/2018).

Namun ketika dikonfirmasi ke ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kota Manado, melalui Kadis PMPTSP, Jimmy Rotinsulu, Holland Village dinyatakan belum memiliki IMB. “Holand vilage belum ada IMB. Yang lalu pernah rapat tapi harus ada rekomendasi dari balai sungai,” jelas Rotinsulu melalui nomor WA nya, Rabu (30/05/2018).

Untuk mendapat informasi lebih lengkap, Rotinsulu merekomendasikan untuk mengkonfirmasi ke Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan.

Senada, Kabid Pembangunan DPMPTSP, Naomi Ruru ketika dikonfirmasi membenarkan belum adanya IMB yang dimiliki perumahan Holland Village. “Perumahan Holland Village belum ada IMB. Untuk sekolah sudah ada IMB,” jelas Ruru.

Celebesnews.id – Bangunan rumah milik konsumen Holland Village yang tak kunjung selesai dan ternyata belum memiliki IMB. | Foto Simon

Lebih lanjut, Ruru mengakui, untuk perizinan lainnya telah dimiliki Holland Village. “Izin lokasi tanggal 30 April 2015, Izin prinsip tanggal 27 Februari 2015, Andalalin tanggal 23 April 2015, Izin lingkungan tanggal 31 Desember 2015, LPPT tanggal 8 Juni 2015, sekarang sementara di revisi,” jelas Ruru lagi.

Konsumen Holland Village sendiri merasakan kejanggalan proses pembangunan yang dilakukan anak perusahaan Lippo grup ini. Janji pihak developer akan melakukan serah terima kunci di bulan Mei 2017 hingga kini tak kunjung terealisasi. Pihak Holland Village juga menjanjikan membayar kompensasi denda penalti atas keterlambatan. Namun, hingga tahun 2018, ratusan konsumen tak kunjung menerima kompensasi. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Belum Miliki Izin, Pengembang AKR Land Dapat Perlakuan Istimewa Pemkot Manado

MANADO, Perusahaan pengembang perumahan mewah ternama di Indonesia, Kawanua Emerald City d…