Home CAKRAWALA Program Deradikalisasi Belum Sentuh Substansi

Program Deradikalisasi Belum Sentuh Substansi

Komentar Dinonaktifkan pada Program Deradikalisasi Belum Sentuh Substansi
0
140

JAKARTA – Mantan narapidana teroris, Yudi Zulfachri, menilai program deradikalisasi yang dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) belum menyentuh substansi.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Yudi yang lulusan IPDN Jatinangor Sumedang tersebut mengatakan, program deradikalisasi yang ada hanya berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi sehingga mantan teroris tersebut hidup mandiri, namun tidak menyentuh aspek penghapusan ideologi terduga teroris.

“Padahal berdasarkan pengalaman saya, aspek ideologi merupakan yang paling penting dari seorang yang terduga teroris. Mereka yang sudah berhasil berwiraswasta pun begitu kumpul dengan teman-teman bisa jadi teroris lagi,” kata Yudi dalam diskusi di Warung Daun Cikini, Sabtu (19/5/2018)

Menurut Yudi, bila ingin sukses menyentuh aspek ideologi para terduga teroris, maka harus melibatkan orang yang dianggap tidak menjadi musuh dari terduga teroris tersebut.

“Semua pihak yang dianggap musuh oleh mantan teroris, tidak akan didengar. Nggak akan mempan lah menasehati, walaupun ulama atau kiai hebat sekalipun. Jadi harus orang yang sama (pemahaman) dengan mereka, tapi sudah sadar. Dengan tidak dianggap musuh oleh mereka, maka deradikalisasi bisa masuk bisa diterima mereka. Saya ini bisa sadar karena yang masuk mendekati saya ustad Ali Imron,” pungkas Yudi. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Kirab Obor Asian Games 2018 Meriahkan Upacara Penurunan Sang Merah Putih di Istana Merdeka

JAKARTA, Penutup rangkaian Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pad…