Home CAKRAWALA Kontra Terorisme, DPR Dukung Pelibatan Satuan Elite TNI

Kontra Terorisme, DPR Dukung Pelibatan Satuan Elite TNI

Komentar Dinonaktifkan pada Kontra Terorisme, DPR Dukung Pelibatan Satuan Elite TNI
0
130

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memberi respons positif atas rencana Presiden Joko Widodo mengaktifkan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) untuk ikut memerangi terorisme dan radikalisme. Dia mengharapkan pelibatan pasukan elite TNI dari matra darat, laut dan udara itu akan mempercepat pemberantasan teror.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, ”Sebagai Ketua DPR, saya mendukung penuh upaya pemberantasan terorisme dengan melibatkan pasukan elite di satuan TNI.  Ini jelas memperkuat keguatan kontra terhadap terorisme,” kata Bambang Komplek Parlemen Senayan, Jum’at (16/5/2018)

Pria yang akrab dipanggil Bamsoet tersebut, menjelaskan bahwa ada payung hukum untuk melibatkan Satuan 81 Gultor Kopassus TNI AD, Detasemen Jalamangkara TNI AL, serta Satuan Bravo 90 Korps Paskhas TNI AU untuk membantu Detasemen 88 Antiteror Polri memerangi teroris.

Merujuk Pasal 7 Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, maka  tugas pokoknya menegakkan  kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Guna menjalankan tugas pokok itu, TNI bisa menggelar operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP).

“Dengan merujuk ketentuan itu maka OMSP bisa untuk mengatasi gerakan separatisme bersenjata, mengatasi aksi terorisme, hingga membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban. Hanya saja, pelibatan TNI memang harus berdasar kebijakan dan keputusan politik negara,” jelas dia.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bamsoet meminta Komisi I DPR menggelar rapat kerja dengan Panglima TNI.  Dengan agenda untuk membahas penggunaan pasukan elite di satuan TNI dalam membantu Polri menumpas gerakan terorisme.

Selain itu, Bamsoet juga menjamin pembahasan revisi Undang-undang Antiterorisme akan segera tuntas. Hari ini (18/5/2018 ), DPR juga sudah memulai masa sidang baru untuk menyelesaikan tugas-tugas legislasi, termasuk membahas revisi UU Antiterorisme. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Syukuran HUT ke-73 RI, Presiden Jokowi Potong Tumpeng Bersama Presiden dan Wapres Terdahulu

JAKARTA , Selepas Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia…