Home CAKRAWALA Koleksi Tersangka Tindak Pidana Korupsi, GTI Soroti 2 Tahun Kepemimpinan GSVL-Mor

Koleksi Tersangka Tindak Pidana Korupsi, GTI Soroti 2 Tahun Kepemimpinan GSVL-Mor

Komentar Dinonaktifkan pada Koleksi Tersangka Tindak Pidana Korupsi, GTI Soroti 2 Tahun Kepemimpinan GSVL-Mor
0
264

MANADO, Garda Tipidkor Indonesia (GTI) Provinsi Sulawesi Utara menyoroti 2 tahun kepemimpinan GSVL-Mor yang mengoleksi 6 ASN berstatus Tersangka tindak pidana.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Berbagai kasus tindak pidana yang mendera kabinet Cerdas Wali kota dan Wakil Wali Kota Manado, GS. Vicky Lumentut dan Mor D. Bastiaan mendapat perhatian khusus Garda Tipidkor Indonesia (GTI) Provinsi Sulawesi Utara.

Pembina GTI Sulut, Berty Lumempouw mengkritik tajam kepemimpinan GSVL-Mor yang baru memasuki usia 2 tahun. “Adanya sejumlah pejabat eselon II, yakni Kepala Inspektorat dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado yang menyandang status Tersangka sebagai pelaku tindak pidana adalah bagian dari kegagalan Pemerintahan yang tidak bisa mewujudkan Pemerintahan yang bersih bebas dari KKN,” ujar Lumempouw, Jumat (18/05/2018) pagi.

Menurut Lumempouw, kondisi seperti ini seharusnya mendapat perhatian serius dari Pemerintah kota Manado. “Adanya pejabat eselon 2 yang menyandang status Tersangka, apalagi salah satunya adalah Tersangka kasus korupsi, sudah seharusnya Wali kota Manado memberi perhatian khusus. Belum lagi 4 ASN lainnya yang sudah dinyatakan Tersangka kasus korupsi. Percuma Pak Wali kota mempunyai segudang program dalam rangka mensejahterakan masyarakatnya, namun di lain pihak masih ada pejabat-pejabat yang nakal, yg berani melakukan penyimpangan,” jelas Lumempouw.

Lumempouw menegaskan, Wali kota Manado terkesan mendiamkan dan membiarkan anak buahnya yang tersangkut tindak pidana. “Saya bicara fakta. Kasus-kasus korupsi yang sedang di proses oleh Kejaksaan Negeri Manado merupakan fakta bahwa para oknum Kepala dinas dan stafnya tidak mendukung program-program dari bapak Wali kota Manado pilihan rakyat. 2 TSK saat ini yang ada didalam nya Kepala dinas dan 2 diantaranya Kepala Bidang serta 3 lainnya ASN di bagian ULP, merupakan citra buruk bagi kepemimpinan 2 thn GSVL-Mor,” beber Lumempouw.

Dengan tegas Lumempouw meminta pihak Kejaksaan Negeri Manado segera menahan TSK kasus korupsi yang melibatkan Kepala dinas. “Saya meminta dengan tegas agar pihak Kejari Manado segera menahan para tersangka kasus korupsi di Pemkot Manado yang telah merugikan negara sebesar Rp 357.161.223. Apalagi Kepala Dinasnya ikut sebagai tersangka. Sudah lebih satu bulan dijadikan tersangka, tapi pihak Kejari Manado belum menahan para tersangka, ada apa ini?,” tegas Lumempouw.

Ia mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera menggelar aksi demo di Kantor Wali kota Manado dan Kejari Manado. “Dalam waktu dekat, Kami akan segera menggelar aksi demo di kantor Pemkot Manado dan Kejari Manado untuk untuk mempertanyakan kejelasannya. Ini preseden buruk, saat pemerintahan Jokowi-JK tengah gencar-gencarnya memberantas korupsi. Jangan ada main mata antara tersangka dan Kejari Manado. Kami sudah mencium adanya lobi-lobi dari pihak tersangka ke Kejari Manado. Kami awasi terus,” kunci Lumempouw. [Celebesnews.id]

Penulis : Simon Siagian

Comments are closed.

Check Also

Kubu Prabowo-Sandi Usul Debat Tanpa Dihadiri Pendukung

JAKARTA – Kubu pengusung pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengu…