Home CAKRAWALA HUKUM Ibu Ketua JAD Jatim Terkejut Anaknya Jadi Teroris

Ibu Ketua JAD Jatim Terkejut Anaknya Jadi Teroris

Komentar Dinonaktifkan pada Ibu Ketua JAD Jatim Terkejut Anaknya Jadi Teroris
0
355

BLITAR, “Sudah dibilangin nggak usah ikut yang begitu itu tetap ngeyel. Sedih saya merasakan anak saya yang itu. Nggak seperti saudaranya yang lain,” kata Patokah, ibu Abu Umar.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Ibu Ketua Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Timur, Patokah menyesali pilihan anaknya Abu Umar (35), untuk menempuh ideologi kekerasan.

Patokah mengemukakan, Abu Umar, nama yang asli yang dikenal Patokah adalah Syamsul Arifin (Apin).

Patokah membesarkan Apin di Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, kawasan yang didominasi muslim Muhammadiyah yang jauh dari paham kekerasan.

“Sudah dibilangin nggak usah ikut yang begitu itu tetap ngeyel. Sedih saya merasakan anak saya yang itu. Nggak seperti saudaranya yang lain,” kata Patokah pada wartawan, Rabu (16/5/2018) kemarin.

Mengejutkan! Bahkan sang ibunda tak kuasa membendung sikap anaknya. Bahkan Ketua JAD Jatim tidak dibesarkan di keluarga berideologi teror.

Keluarga Patokah adalah keluarga terpandang. Abu Umar alias Syamsul Arifin alias Apin dikenal tetangga-tetangganya di Blitar sebagai penjual buku.

Patokah ingat betul perubahan paham Apin, yakni sejak Apin kuliah di STI Al Muslihun Tlogo. Salah satu warga bernama Sujilah juga sering menerima keluh kesah Patokah soal Apin yang tak seperti dulu lagi, tak seperti saudara-saudaranya, dan tak seperti masyarakat di kampung halamannya.

“Desa ini memang mayoritas Muhammadiyah. Jadi penampilan Mas Apin sering jadi bahan gunjingan warga. Ibunya khawatir, Mas Apin semakin jauh melangkah. Dan sepertinya, yang dikhawatirkan ibunya jadi kenyataan sekarang,” kata Sujilah.

Abu Umar ditangkap Densus 88 Antiteror di rumah kontrakannya di Perum Banjararum blok BB, Singosari, Kabupaten Malang. Abu Umar ditangkap bersama istrinya Wahyu Mega Wijayanti (40).

Dari informasi yang dihimpun Wahyu merupakan istri sambung dari Abu Umar yang disebut-sebut sebagai Ketua Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Timur itu. Mereka sudah menikah siri selama dua tahun dan sudah mempunyai seorang anak.

Abu Umar sendiri diketahui mempunyai istri yang berada di Blitar. Dan Blitar memang merupakan asal Abu Umar dengan alamat Dusun Jatinom, Kanigoro, Kabupaten Blitar. Ketua RT 3 RW 2 Kelurahan Jatinom, Blitar, Sutikno menunjukkan kartu keluarga Abu Umar. Di situ tercantum nama istri dan dua anak laki-lakinya. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Hari Ini, Kejagung RI Periksa Wali kota Manado Terkait Dugaan Korupsi Dana Banjir 2014

MANADO, Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) dikabarkan memanggil Wali kota Ma…