Home CAKRAWALA Anggota JAD dan JAT Belum Di Deradikalisasi

Anggota JAD dan JAT Belum Di Deradikalisasi

Komentar Dinonaktifkan pada Anggota JAD dan JAT Belum Di Deradikalisasi
0
115

JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius menyatakan bahwa anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) belum tersentuh program deradikalisasi. Hal ini karena mereka selama ini memang belum berbuat, sehingga belum jadi terpidana.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Jadi untuk kelompok JAD, JAT memang belum tersentuh program deradikalisasi BNPT. Kenapa ? Karena mereka walaupun memang radikal tapi belum berbuat. Dan program deradikalisasi itu untuk narapidana kasus terorisme,” kata Suhardi usai menghadiri rapat sinergi tentang keamanan Asian Games di Gedung Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kamis (17/5/2018) sore.

Menurut dia, bila UU Terorisme telah direvisi, maka ada kewenangan bagi BNPT untuk masuk ke kelompok radikal yang dilarang oleh undang-undang tersebut untuk melakukan deradikalisasi. Bila memakai UU yang belum direvisi maka BNPT baru bisa masuk melakukan deradikalisasi pada mereka yang telah berkekuatan hukum tetap diputus pengadilan sebagai terpidana kasus terorisme.

Menurut pria asal Sumatera Barat tersebut, hingga saat ini sudah lebih dari 600 narapidana dan mantan narapidana terorisme yang menjalani program deradikalisasi oleh BNPT. Namun sayangnya ada tiga orang di antara mereka yang kembali melakukan serangan teror.

“Saya persilakan  masyarakat menilai, dari 600 lebih, tiga orang mengulangi perbuatannya. Kalau itu dinilai sebagai kegagalan ya kami terima penilaian itu,” pungkas Suhardi. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

IPEX ke-18 Targetkan Kredit Rp 5 triliun

JAKARTA – Menyambut triwulan terakhir tahun 2018, PT Bank Tabungan Negara (Persero) …