Home CAKRAWALA Kepala Daerah Terpilih Harus Susun RPJMD Berkualitas

Kepala Daerah Terpilih Harus Susun RPJMD Berkualitas

Komentar Dinonaktifkan pada Kepala Daerah Terpilih Harus Susun RPJMD Berkualitas
0
70

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2018 menyusun dan menetapkan Peraturan Daerah mengenai Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) tahun 2019-2023 yang berkualitas.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Dalam upaya menghadirkan RPJMD yang berkualitas tersebut, telah diterbitkan Permendagri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

“Perda RPJMD 2019-2003 yang ditetapkan kepala daerah terpilih bersama DPRD harus lebih berkualitas. Untuk itu dikeluarkan Permendagri Nomor 7 Tahun 2018. Dan harus fokus sesuai yang dibutuhkan. Saya pernah melihat ke NTT ada terminal bagus dibangun tapi mubazir, karena sepi sekali angkutan umum disana. Ini karena perencanaannya tidak tepat ,” kata Tjahjo Kumolo saat memberikan sambutan dan arahannya pada acara Konsolidasi Penyiapan RPJMD 2019-2023 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu siang.

Tjahjo menegaskan bahwa, sesuai ketentuan Perda RPJMD tersebut harus selesai enam‎ bulan setelah kepala daerah terpilih resmi menjabat. Dia meminta penyusunan Perda itu secara akuntabel, efektif, partisipatif dan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

Menurut dua, untuk menyusun RPJMD yang berkualitas, juga diperlukan dukungan dan masukan dari berbagai asosiasi pemerintah daerah, kemudian juga diperlukan masukan akademisi, Ormas, NGO, filantropi dan pelaku usaha lainnya. Mengingat semua proses tersebut dimulai dari kepala daerah terpilih, maka Mendagri berharap Pilkada Serentak berjalan dengan damai, tingkat partisipasi pemilih tinggi, sehingga menghasilkan kepala daerah yang didukung dan dapat legitimasi dari rakyat.

Sementara itu Plt Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Diah Indrajati menambahkan, rapat konsolidasi penyiapan dokumen RPJMD 2019-2023 ini dihadiri ratusan peserta. Mereka terdiri dari unsur pemerintah pusat atau kementerian dan lembaga, unsur pemerintah daerah, NGO, akademisi, Ormas dan lainnya. [Celebesnews.id]

Penulis  : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Gubernur BI: Walau Perlahan, Rupiah Diyakini Menguat

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) yakin nilai tukar rupiah akan menguat secara perlahan.…