Home PROVINSI KALIMANTAN TENGAH Paparan Dinas Sosial Kalteng Mengenai PMKS

Paparan Dinas Sosial Kalteng Mengenai PMKS

Komentar Dinonaktifkan pada Paparan Dinas Sosial Kalteng Mengenai PMKS
0
80

KUALA KAPUAS, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah memberikan paparan tentang kriteria Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) saat mengadakan konsultasi di desa Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Dalam paparan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan bahwa Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) merupakan bagian dari kita, bahkan bisa juga anggota keluarga kita. PMKS ini merupakan masyarakat yang harus mendapat hak yang sama dengan masyarakat biasa atau yang bukan PMKS.

Sesuai dengan UUD 1945 yang merupakan dasar hukum kita, melindungi segenap bangsa Indonesia tanpa kecuali. Pengertian PMKS itu adalah mereka yang tidak bisa melakukan kegiatan bermasyarakat (interaksi sosial) sebagaimana umumnya, karena suatu keadaan yang dialaminya. Misalnya anak terlantar, anak cacat, bayi yang terlantar, anak jalanan, wanita rawan sosial, anak korban kekerasan, wanita yang diperlakukan salah, tuna susila, orang berusia lanjut yang terlantar, pengemis, dan lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini Dinas sosial provinsi Kalimantan Tengah melalui seksi rehabilitasi anak dan lanjut usia serta kasi rehabilitasi sosial penyandang disabilitas mengadakan konsultasi dengan masyarakat sekitar Kecamatan Bataguh di desa Pulau Mambulau Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas, Selasa (15/5/2018) pagi.

Ruari kepala seksi rehabilitasi anak dan lanjut usia Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, menjelaskan tujuan di adakan acara konsultasi ini untuk mengenalkan kepada masyarakat pengertian tentang PMKS, serta upaya menangani bersama dan menekan jumlahnya,

“Misalnya ada anak terlantar, diupayakan gimana caranya supaya ditanggulangi melalui peran aktif masyarakat, mendata, mencari keluarga bila masih bisa di hubungi, atau melaporkan ke pihak terkait untuk diatasi,” terang Ruari.

Pada kesempatan yang sama, Nordin kepala seksi rehabilitas sosial penyandang disabilitas Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, mengajak kepada semua untuk memperlakukan mereka penyandang masalah kesejahteraan sosial khususnya penyandang disabilitas ini dengan penuh kekeluargaan, “Menolong mereka bukan karena kasian, tetapi itu adalah hak mereka untuk ditolong,” ucap Nurdin.

Kepala Desa Pulau Mambulau Alfian Noor, mengapresiasi kegiatan konsultasi ini dengan berterima kasih kepada pihak dinas sosial dan berharap semoga di lingkungan sekitar kita, bisa menekan angka PMKS. [celebesnews.id]

Penulis : Iwan

Comments are closed.

Check Also

Jelang Pilkada 2018, KPU Kapuas Adakan Bimbingan Teknis untuk PPK

KUALA KAPUAS, Peserta bimbingan teknis sistem penghitungan suara pada Pemilihan Bupati dan…