Home CAKRAWALA POLITIK Belum Bersikap Tegas, PAN Ingin Dapat Nilai Tinggi

Belum Bersikap Tegas, PAN Ingin Dapat Nilai Tinggi

Komentar Dinonaktifkan pada Belum Bersikap Tegas, PAN Ingin Dapat Nilai Tinggi
0
96

JAKARTA – Publik melihat ketidakkompakkan elit PAN dalam menyikap soal Capres untuk Pilpres 2019. Amien Rais dengan tegas mengatakan tidak ingin bergabung dengan koalisi yang mengusung Joko Widodo sebagai Capres.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Sementara itu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, menyatakan masih terbuka peluang untuk berkoalisi dengan pihak manapun. Menurut pengamat politik yang akademisi Universitas Paramadina Toto Sugiarto sikap PAN tersebut sebagai upaya untuk mendapatkan nilai bargain tinggi disaat kondisinya masih cair, alias belum pasti.

“Zulkifli lebih kepada memanfaatkan kondisi yang masih cair. Dia tidak buru-buru bersikap mendukung satu koalisi, sambil ingin menaikkan nilai bargain. Sedangkan Amien bersikap demikian karena konsisten mengkritik Jokowi. Ya tidak mungkin Amien lalu berubah jadi mendukung Jokowi,” kata Toto saat dihubungi Minggu (22/4/2018) siang.

Menurut dia, ada peristiwa yang mungkin juga sedang ditinggu PAN, yaitu pernyataan Ketua Umum FPP PPP M Romahurmuziy, bahwa ada dua parpol yang dalam waktu dekat akan bergabung dalam koalisi yang mengusung Jokowi sebagai Capres.

Bila dua parpol tersebut adalah Partai Demokrat dan PKB yang bergabung ke koalisi pendukung Jokowi, mungkin PAN selanjutnya akan memilih ke koalisi Partai Gerindra dan PKS. Kecuali PAN lebih dulu bergabung ke pendukung Jokowi sebelum Demokrat dan PKB.

Dan sikap PAN saat ini, juga sudah mengundang keprihatinan parpol-parpol yang konsisten mendukung pemerintahan Jokowi-JK. Hal ini karena PAN sudah menyatakan bergabung dan mendapat jatah seorang menteri, tapi untuk isu-isu tertentu malah sejalan dengan PKS dan Gerindra yang memang sedang berperan sebagai oposisi terhadap pemerintah.

“Maka parpol-parpol yang konsisten mendukung Jokowi tentu lebih senang bila PAN tidak bergabung bersama mereka,” kata Toto. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

KPU Lantik Penyelenggara Pemilu Provinsi

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melantik 86 orang penyelenggara pemilu prov…