Home CAKRAWALA SOSIAL DAN BUDAYA Tahun Politik, Harus Dijaga Kerukunan dan Toleransi

Tahun Politik, Harus Dijaga Kerukunan dan Toleransi

Komentar Dinonaktifkan pada Tahun Politik, Harus Dijaga Kerukunan dan Toleransi
0
245

JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang (OSO)menyerukan pentingnya menjaga kerukunan dan toleransi, terutrama di tahun politik saat ini. Hal tersebut diserukan Oesman saat menjadi narasumber pada Rakornas  Forum Kerukunan Beragama (FKUB) Provinsi/Kabupaten/Kota di Hotel Bidakara, Rabu (18/4/2018) siang.

CELEBES NEWS Berita Terbaru, “Ini tahun politik. Harus kita jaga bersama suasananya agar tetap kondusif. Maka penting bagi umat beragama untuk menjaga kerukunan dan bertoleransi antar sesama. Kerukunan dan toleransi adalah upaya memperkokoh persatuan bangsa,” kata Oesman.

Dia optimis  bahwa Indonesia akan terus hidup dan berjaya lebih dari seribu tahun lagi. Namun hal tersebut baru bisa terwujud bila kita semua tetap bersatu dan bersemangat membangun bangsa ini dengan senantiasa berdasarkan ideologi bangsa, Pancasila.

“Untuk mencapai hal tersebut, kita harus menjadikan Pancasila sebagai dasar sekaligus pengarah dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan menjadikan Pancasila sebagai dasar, maka kebhinekaan kita akan selalu berjalan seiring dengan rasa persatuan kita.

Kita akan menjadi manusia-manusia yang memandang bahwa perbedaan adalah rahmat,” tegas Senator dari Kalimantan Barat tersebut.

Oesman juga menyampaikan bahwa DPD RI adalah miniatur wilayah Politik, Sosial, Budaya (POLSUSBUD) Indonesia. Hal tersebut jelas tercermin dari keragaman latar belakang Anggota DPD RI itu sendiri.

Dalam struktur kelembagaan DPD RI, fokus perhatian DPD RI yaitu membangun daerah demi meningkatkan kesejahteraan rakyat serta pemerataan hasil pembangunan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Pada titik inilah DPD RI memberikan perhatian khusus bagi terus terjaganya kerukunan hidup antarumat beragama. Mengingat bahwa bangsa Indonesia telah ditakdirkan oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa yang secara geografis, etnis, dan budaya, bahkan secara keyakinan agama sangatlah beragam-ragam.

Saya mengajak semua pihak dalam upaya menjaga kerukunan. Tidak bisa kita serahkan kepada FKUB saja,” kata OSO.[Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Agenda Kerja, Presiden Resmikan PKB ke-40 di Bali

DENPASAR, Resmikan PKB, Jokowi langsung menabuh gong sebagai tanda dimulainya acara Pekan …