Home CAKRAWALA POLITIK Purnawirawan TNI Ikut Pilkada, Jangan Seret Prajurit Aktif

Purnawirawan TNI Ikut Pilkada, Jangan Seret Prajurit Aktif

Komentar Dinonaktifkan pada Purnawirawan TNI Ikut Pilkada, Jangan Seret Prajurit Aktif
0
153

JAKARTA – Beberapa purnawirawan TNI menjadi peserta dalam Pilkada Serentak 2018. Maka perlu ditegaskan bahwa keikutsertaan mereka tidak boleh mempengaruhi netralitas prajurit TNI yang masih aktif.

 CELEBES NEWS Berita Terbaru, “Partisipasi tersebut tidak boleh menyeret prajurit TNI aktif ke kancah politik praktis. Ini perlu saya tegaskan,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanatnya yang dibacakan oleh Perwira Staf Ahli Tingkat III Bid. Polkamnas Laksda TNI Muchammad Richad di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (17/4/2018).

Menurut Hadi prajurit TNI harus menjaga netralitasnya. Hal itu karena karena TNI adalah institusi strategis, yang memiliki jangkauan sampai ke pelosok nusantara dan mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.

“Tugas TNI adalah untuk mengamankan dan menjamin suksesnya pesta demokrasi. Maka tugas mulia tersebut idak boleh dirusak oleh sikap yang tidak netral,” kata dia..

Salah satu tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah, dalam waktu dekat adalah Pilkada Serentak 2018 dilaksanakan di 171 daerah di seluruh wilayah Indonesia. Lalu akan diikuti Pemilu Presiden dan Legislatif 2019. Dua event tersebut menurut Hadi, sering diiringi dengan meningkatnya suhu politik di tanah air. Yang mana hal tersebut bisa diperparah dengan berbagai tindakan kontra produktif, seperti kampanye hitam dan pengerahan massa yang anarkis. Maka Hadi meminta prajurit TNI yang diperbantukan untuk pengamanan pesta demokrasi 2018 dan 2019,  benar-benar siap menghadapi berbagai tantangan tersebut. [Celebesnews.id]

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Sohibul Yakin Politik Uang Tak Kuat Pengaruhnya

JAKARTA – Politik uang hingga kini dianggap sebagai alat yang efektif untuk ‘m…