Home CAKRAWALA Pemerintah Diminta Lakukan Moratorium FB di Indonesia 

Pemerintah Diminta Lakukan Moratorium FB di Indonesia 

Komentar Dinonaktifkan pada Pemerintah Diminta Lakukan Moratorium FB di Indonesia 
0
223

JAKARTA – Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara Komisi I DPR RI dengan Facebook yang diwakili Vice President of Public Policy Facebook Asia Pasific, Simon Milner dan Kepala Kebijakan Publik Facebook untuk Indonesia, Ruben Hattari, menghasilkan sejumlah catatan yang merupakan respon atas ketidakpuasan DPR terhadap Facebook. Wakil Ketua Komisi I Meutya Hafid menilai klaim Facebook bahwa yang membocorkan data merupakan pihak ketiga dan pihak ketiga telah melanggar perjanjian dengan Facebook, adalah suatu yang tidak dapat dipercaya karena tidak berdasar. Hal ini karena Facebook tak mampu menunjukkan dokumen bukti perjanjian kerja sama dengan pihak ketiga. 

CELEBES NEWSBerita Terbaru, “Karena Facebook tidak juga menunjukkan bukti tertulis, maka pihak yang bertanggung jawab atas penyalahgunaan 1,09 juta data pengguna Facebook di Indonesia belum jelas. Dan klaim Facebook bahwa pihak ketiga yang membocorkan tidak dapat kita terima. Aneh, perusahaan sebesar Facebook tidak ada aturan dan sanksi kepada pihak ketiga. Ini adalah masalah serius karena Facebook tidak peduli keamanan data penggunannya. Maka kami minta pemerintah untuk mempertimbangkan melakukan moratorium Facebook di Indonesia. Moratorium dilakukan sampai ada investigasi menyeluruh dan sampai ada perbaikan oleh Facebook.Dan kita ada catatan penting dari hasil RDPU ini,” kata Meutya usai rapat tersebut, Selasa (17/4/2018) sore.

Adapun poin-poin catatan tersebut adalah, pertama, kasus penyalahgunaan data pengguna Facebook perlu diusut tuntas sehingga ke depan tidak terulang lagi penyalahgunaan data yang berpotensi merugikan pengguna di Indonesia. Sehubung hal tersebut, perlu kiranya untuk melakukan audit investigasi atas kasus tersebut. Kedua, keamanan dan kerahasiaan data pengguna Facebook Indonesia merupakan tanggung jawab Facebook, sehingga pengguna Facebook Indonesia terlindungi dengan baik di dunia digital.

Ketiga, model kerjasama antara Facebook dengan pihak ketiga harus mengedepankan perlindungan keamanan dan kerahasiaan data bagi pengguna di Indonesia serta pentingnya memberikan sanksi tegas kepada pihak ketiga yang melakukan pelanggaran perjanjian termasuk penyalahgunaan data pengguna. Dan yang keempat, penyajian konten Facebook di Indonesia perlu memperhatikan kondisi sosial budaya Indonesia dengan menghilangkan semua konten negatif yang mengandung unsur kebohongan, pornografi, kekerasan, dan hal-hal yang berpotensi mengancam keamanan dan kedaulatan NKRI.

Menurut Wakil Ketua Komisi I DPR RI Hanafi Rais catatan tersebut, akan menjadi masukan Komisi I DPR RI dalam melakukan Rapat Kerja atau Rapat Dengar Pendapat dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Menurut Hanafi pihaknya perlu memanggil Kemenkominfo, karena ada banyak suara dari masyarakat agar pemerintah mensuspen Facebook.

“Juga kami ingin minta penjelasan Kominfo, langkah apa saja yang tepat dilakukan kepada Facebook, agar memenuhi janjinya untuk melindungi data rakyat Indonesia yang menjadi penggunannya,” kata putera mantan Ketua MPR RI M Amien Rais tersebut.

Dalam RDPU tersebut, Ruben Hattari mengatakan pihaknya tidak memiliki dokumen perjanjian dengan Korgan maupun Cambridge Analytica. Sedangkan Simon Milner mengatakan bahwa dalam kasus itu Facebook tidak menjalin hubungan dengan Cambridge Analytica.

“Masalah ini hanya dengan Dr Korgan saja, tidak ada hubungan antara Facebook dan Cambridge Analytica. Data yang diberikan dia (Korgan) kepada Cambridge Analytica menyalahi kebijakan Facebook,” kata Simon.

Jawaban tersebut dinilai anggota Komisi I Fraksi PKS Sukamta, sebagai bentuk saling lempar tanggung jawab antara pihak Facebook dengan Dr Korgan maupun Cambridge Analytica. Maka hal tersbeut tidak memuaskan Komisi I DPR. Dan mendorong DPR untuk meminta pemerintah mengeluarkan moratorium Facebook di Indonesia.[Celebesnews.id]

 

Penulis : Hartono

Comments are closed.

Check Also

Hari Ke 3 Kegiatan Penggalangan Dana DPD AJOI Kepri Untuk Sulteng Panitia Semakin Solid

BATAM – Hari ke – 3 kegiatan Sosial Penggalangan Dana yang di adakan DPD Alian…