Home CAKRAWALA MANCANEGARA Raja Salman Gelontorkan Rp 2 Triliun untuk Wakaf Islam Yerusalem

Raja Salman Gelontorkan Rp 2 Triliun untuk Wakaf Islam Yerusalem

Komentar Dinonaktifkan pada Raja Salman Gelontorkan Rp 2 Triliun untuk Wakaf Islam Yerusalem
0
106

RIYADH, “Palestina dan rakyatnya ada di hati seluruh warga Arab dan umat muslim,” ucap Raja Salman.

CELEBES NEWSBerita Terbaru, Di tengah bergejolak antara Israel dan Palestina menyangkut perebutan tanah air. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud sangat perhatian dengan situs-situs Islam di tanah Yerusalem, karenanya Raja Salman menyumbangkan US$ 150 juta,atau sekitar Rp 2 triliun untuk Wakaf Islam Yerusalem, sebuah badan yang ditugaskan untuk mengawasi tempat-tempat suci Islam di Yerusalem Timur.

Seperti dilansir media lokal Saudi Gazette dan kantor berita Turki, Anadolu Agency, Senin (16/4/2018), Raja Salman menuturkan, pemberian sumbangan itu saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab di Dhahran, Saudi yang digelar setiap tahun.

Dalam forum yang sama yang digelar Minggu (15/4/2018) waktu setempat, Raja Salman juga menawarkan bantuan US$ 50 juta, atau sebesar Rp 678 miliar kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina atau UNRWA.

Selain itu, Raja Salman juga mengumumkan bahwa KTT Liga Arab ke-29 yang digelar selama seharian ini disebut sebagai ‘KTT Yerusalem’. Hal ini dimaksudkan untuk mengingatkan semua orang di dunia bahwa Palestina selalu terukir di hati nurani warga Arab.

“Palestina dan rakyatnya ada di hati seluruh warga Arab dan umat muslim,” ucap Raja Salman dalam forum itu.

Sebanyak 16 pemimpin Arab menghadiri KTT yang digelar sehari setelah Amerika Serikat, Prancis dan Inggris memborbardir Suriah terkait serangan kimia yang menewaskan puluhan warga sipil di Douma.

Konflik Suriah, isu Palestina dan dugaan intervensi Iran terhadap persoalan negara-negara Timur Tengah mendominasi pembahasan dalam KTT ini.

KTT Liga Arab ini digelar tiga bulan usai pemerintah AS di bawah Presiden Donal Trump secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Pengakuan itu memicu kecaman global, khususnya di dunia Islam dan Timur Tengah.

Sebulan usai keputusan itu atau pada Januari lalu, AS mengumumkan pihaknya menahan bantuan kemanusiaan US$ 65 juta untuk pengungsi Palestina. [Celebesnews.id]

Penulis: Ralian

Comments are closed.

Check Also

Teh Indonesia Raih Penghargaan di Perancis

PARIS – Indonesia menerima sertifikat penghargaan “AVPA Gourmet Product 2018” di Par…